300 Relawan Rawat Layad di Cimahi Akan Disebar Kesetiap Kelurahan

Bandung Raya

Senin, 24 Februari 2020 | 14:09 WIB

200224141049-300-r.jpg

SEBANYAK 300 orang Relawan Rawat Layad disiapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, untuk meminalisir kegawatdaruratan. Relawan yang berasal dari berbagai latar belakang ini akan disebar ke tiap kelurahan.

Sebagai persiapan dilakukan Apel Siaga Relawan Rawat Layad yang berlangsung Cimahi Technopark Jln. Baros, Senin (24/2/2020).

Apel tersebut dihadiri Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna dan Wakilnya Ngatiyana. Serta sejumlah lurah, dan kepala SKPD di lingkungan Pemkot Cimahi.

"Ada 300 orang (relawan), terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Kebanyakan usia muda. Karena relawan, jadi mereka tidak digaji," kata Ajay ditemui usai kegiatan.

Dijelaskan Ajay, para relawan Rawat Layad ini bertugas membantu pemerintahan ketika ada kegawatdaruratan.

"Makanya mereka dilatih untuk bekal pertolongan pertama," terangnya.

Sekretaris Dinkes Kota Cimahi, Chanifah Listyarini menambahkan, pelatihan Relawan Rawat Layad ini sudah dilakukan tahun lalu.

"Ini merupakan program provinsi, latihannya sudah dilakukan tahun lalu sehari full, tiga angkatan. Untuk pemanfaatnya diserahkan ke daerah. Memang harusnya provinsi, termasuk dengan ambulans, hanya saja kita ngga dapat. Makanya kita akan optimalkan ambulan siaga yang sudah ada di 15 kelurahan," bebernya.

Dijelaskan Rini, pelatihan yang diberikan kepada realawan ini bagaimana triase atau penanganan kegawatdarutan yang dilakukan,  termasuk SOP untuk kegawatdarurat.

"Jika ada pertolongan, apa yang harus dilakukan pertama, misalnya pernafasannya, harus membebaskan  jalan nafas,  itu yang utama. Tanda-tanda vital itu yang harus mereka perhatikan, sambil membangun jejaring  juga dgn puskesmas dan ambulan puskesmas," ungkapnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR