Sosialisasi Sensus Penduduk Online Bagi Tentara Kodim 0612 Tasikmalaya

Daerah

Senin, 24 Februari 2020 | 13:53 WIB

200224135617-sosia.jpg

Septian Danardi

Ratusan personil Kodim 0612 Tasikmalaya diberikan pemahaman terkait pengisian formulir data sensus penduduk secara online di Aula Makodim.

SEBANYAK 100 orang Personil Staf Kodim dan Koramil dibawah jajaran Kodim 0612/Tasikmalaya, diberikan pemahaman terkait sensus penduduk online.

"Dalam rangka sensus penduduk secara online ini kepada anggota Kodim 0612 Tasikmalaya, sehingga bisa mensosialisakan kembali Program Tim BPS sensus secara online ini bisa berjalan lancar," demikian kata Kasdim 0612/Tasikmalaya, Mayor Inf Chandra Suhendra saat mendampingi Tim BPS Kota Tasikmalaya dalam sosialisasi sensus online di aula Makodim 0612/Tasikmalaya, Senin (24/2/2020).

Selain itu, kata Chandra, sensus secara online lebih mempermudah dalam pendataan. Maka untuk antisipasu akibat kesimpangsiuran data, sensus penduduk ini perlu disosialisasikan. Dengan cara online supaya tidak ada dikotomi tentang jumlah data penduduk sebenarnya.

"Kami mengajak kepada para personil untuk bisa membantu mensosialisasikan kembali kepada warga cara pengisian data untuk sensus penduduk secara online secara benar," ujarnya.

Dalam sosialisasi itu, Tim BPS memberikan tata cara sensus online denga modul-modul aplikasi internet kepada peserta sosialisasi. Terhadap para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0612/Tasikmalaya. Sehingga tujuan program sensus ini berjalan sesuai harapan pemerintah pusat.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tasikmalaya Jam Jam Zamachsyari mengatakan, pengisian data sensus penduduk elektronik atau cara online lebih mudah dan cepat. Jika sudah faham data sensus sudah bisa terisi hanya membutuhkan waktu sekitar 5 hingha 10 menit.

"Pengisian sensus secara online akan bisa dilakukan lebih mudah, cepat dan tepat. Selain itu, era digitalisasi seperti sekarang ini merupakan sudah menjadi tuntutan," katanya.

Meski masih cukup lama untuk pelaksanaan sensus elektronik atau online, pihaknya menargetkan warga yang mengisi data sensus elektronik bisa mencapai 25 hingga 30 persen, pada sensus hingga maret 2020 penduduk Kota Tasikmalaya bisa tersensus. Sisanya, kata Jam Jam, pihaknya akan menyiapkan sekitar 1081 petugas sensus yang akan melakukan pencacahan ke rumah-rumah mulai 1 hingha 31 Juli 2020.

Diungkapkan Jam Jam, terkait kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan sensus secara online, mungkin lebih ketersediaan jaringan. Dimana ada beberapa wilayah di Kota Tasikmalaya yang jaringannya kurang bagus. Akan tetapi secara umum di Kota Tasikmalaya kendala jaringan akan bisa diatasi.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR