Puluhan Peserta Berkompetisi di Musabaqah Hifdzil Quran

Bandung Raya

Minggu, 23 Februari 2020 | 22:42 WIB

200223224339-puluh.jpg

PULUHAN peserta yang mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA berkompetisi pada Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), yang dilaksanakan oleh DPC PDI Perjuangan Kota Bandung.

Sebanyak 40 peserta yang berpartisipasi pada MHQ, akan mewakili DPC PDIP Kota Bandung, untuk mengikuti MHQ tingkat Jawa Barat pada 22 Maret mendatang.

Ketua DPC PDIP Kota Bandung, Achmad Nugraha mengatakan, perlombaan tersebut merupakan ajang menyambung tali silaturahmi umat beragama khususnya yang beragama Islam di Kota Bandung. Dengan demikian, MHQ menjadi penguatan adab yang baik bagi umat beragama. 

Menurutnya, tujuan kegiatan tersebut untuk mengingatkan masyarakat bagaimana beragama, terutama akan khasanah keislaman yang harus tertata baik. Sehingga pihaknya berupaya terdepan dalam mempersatukan NKRI melalui tatanan beragama dengan baik dan terciptanya sikap gotong royong.

"Perlombaan ini tidak sekadar mencari siapa yang terbaik, tidak pula hanya untuk memperebutkan piala. Kompetisi ini adalah ajang menyambung tali silaturahmi," ungkapnya di sela-sela kegiatan di DPC PDIP Kota Bandung, Jln. Martanegara, Kota Bandung, Ahad (23/2/2020).

Dalam kompetisi tersebut, para peserta berlomba untuk tiga piala juara masing-masing kategori. Bacaan yang dilombakan di antaranya Juz 29 dan 30 untuk kategori SD dan SLTP-sederajat. Juz 1, 29 dan 30 untuk kategori SLTA-sederajat, serta kategori umum juz 1 sampai juz 5.

Dikatakannya, MHQ 2020 ini merupakan bagian dari rangkaian HUT PDI Perjuangan ke-47. Ajang kompetisi ini berisi lomba yaitu bidang sambung ayat, bacakan surah, tebak surah, hukum tajwid, fashohah kalimat dan adab, dan surah dan lagu.

Dikatakannya, MHQ ini juga merupakan sarana bagi siswa-siswi dan masyarakat umum untuk mengembangkan potensi diri dalam bidang Al-Quran. Selain itu, juga untuk membangun karakter positif dan akhlaqul karimah.

Wakil Ketua DPRD Kota Bandung tersebut, menerangkan bahwa antusiasme pelajar dan masyarakat yang cukup besar terhadap kegiatan ini. Mengingat dalam waktu dua minggu, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan cukup banyak, bahkan mencapai target.

"Jumlah peserta sesuai target, artinya sekolah dan masyarakat di Kota Bandung merespon dengan baik kompetisi ini," tambahnya.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR