Fogging Dilakukan, Pasca Kasus DBD Menimpa Warga Tasikmalaya

Daerah

Minggu, 23 Februari 2020 | 14:06 WIB

200223130655-foggi.jpg

Septian Danardi

SEJUMLAH anggota Koramil 1203 Kawalu Tasikmalaya, bersama puskesmas setempat menggelar bakti sosial fogging di permukiman penduduk, Minggu (23/2/2020). Langkah itu dilakukan setelah banyaknya kasus warga di Kota Tasikmalaya yang terserang Demam Berdarah Dengue (DBD) bahkan hingga ada penderita yang meninggal.

Babinsa Mangkubumi, Serma Ogi Hakiki menyebutkan, fogging ini dilaksanakan untuk menghindari serangan nyamuk yang mengakibatkan DBD. Pihaknya bersama staf dan pimpinan PT Dolar Plastik mengadakan kegiatan fogging di wilayah RW 05 Kelurahan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya.

Menurutnya, kegiatan ini mengantisipasi dimana musim penghujan rawan terhadap penyakit DBD. Inisiatif tersebut bertujuan untuk Pemberatasan Sarang Nyamuk (PSN) sehingga mengurangi berjangkitnya nyamuk Aedes Aegypty yang menyebabkan penyakit DBD.

"Karena saat ini sedang musim penghujan rawan akan penyakit DBD, sehingga dilakukan fogging yang dimulai pukul 08.00 WIB di titik wilayah RW 05 yakni Sambong Nyalindung, Babakan, Karang Kawitan dan Karang Layung, Kelurahan Mangkubumi," katanya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Salah satu warga setempat, Kodir (41) mengatakan, fogging di sejumlah titik dilakukan setelah adanya kasus DBD yang menimpa warga lingkungan RW 05. Selain itu, dilaksanakan juga kerja bakti atau gotong-royong pembersihan sektor yang dianggap menjadi sarang nyamuk.

"Masyarakat dari RT 01 sampai RT 06 di wilayah RW 05 ikut andil bersih-bersih yang selanjutnya dilakukan fogging. Berharap fogging ini bisa rutin digelar, sebab mendapat laporan dari warga mengenai adanya kasus DBD," katanya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR