Berhenti Merokok, Anda Bisa Merasakan Secara Fisik

Ragam

Sabtu, 22 Februari 2020 | 20:59 WIB

200222194215-berhe.jpg

ANDA pasti sudah tahu bahwa merokok merupakan kebiasaan yang buruk. Tetapi, kebanyakan perokok sulit untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Apalagi seorang perokok mendapat tekanan pekerjaan dan jam kerja tak menentu. Sehingga mereka cenderung lebih sering merokok untuk menghilangkan stres.

Dilansir oleh Times of India, seorang perokok aktif pun berusaha berhenti dari kebiasaan buruknya itu selama seminggu. Seseorang yang tak disebutkan namanya ini mulai merasa perlu menghentikan kebiasaannya merokok.

Setelah seminggu berhenti merokok, ia pun merasa beberapa perubahan setiap harinya.

Berikut ini beberapa kondisi yang dialaminya selama berhenti merokok sejak hari pertama.

1. Hari pertama

Hari pertama berhenti merokok, pria ini tidak terlalu kesulitan melewatinya. Karena, teman-temannya yang merokok tidak menggoda atau mengajaknya merokok. Sehingga ia bisa istirahat siang cukup banyak, tanpa merokok dan berbicara dengan orang lain.

2. Hari kedua

Hari kedua berhenti merokok, pria ini sudah mulai merasa kesulitan. Ia pun memilih pesan secangkir teh untuk menahan keinginannya merokok. Bahkan ia juga memilih tidak bergabung dengan teman-temannya yang merokok.

3. Hari ketiga

Hari ketiga berhenti merokok, pria ini mulai merasa kehilangan teman-temannya. Kondisi ini membuatnya gelisah dan jengkel hingga merusak konsentrasinya sepanjang hari. Bahkan ia hampir membeli satu batang rokok, tetapi ia berhasil menahannya.

4. Hari keempat

Hari keempat berhenti merokok, ia mulai tak menyangka bisa menahan keinginannya merokok cukup lama. Ia juga sudah mengalami perubahan fisik dari berhenti merokok, seperti tenggorokannya tidak sakit dan batuknya mereda.

5. Hari kelima

Pada hari kelima, pria ini mulai merasakan sakit kepala saat bekerja setelah berhenti merokok. Sedangkan, kondisi tenggorokannya semakin membaik. Tetapi, ia merasa pikirannya berkabut sehingga nyaris merokok satu batang.

6. Hari keenam

Hari keenam berhenti merokok, pria ini mencoba minum lebih banyak air agar merasa kenyang. Tetapi, hal ini justru membuatnya sering ke kamar kecil. Di sisi lain, ia juga merasa kondisi tubuhnya lebih baik dan tidak batuk lagi.

7. Hari terakhir

Seminggu berhenti merokok, pria ini merasa bangga karena berhasil melewatinya. Tetapi, waktu seminggu itu tak lantas membuatnya berhenti tergoda untuk merokok. Meski begitu, ia tetap berusaha untuk menghindari rokok demi kesehatan tubuhnya. Bahkan ia merasa pernapasannya sedikit lebih baik dari sebelumnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR