Satgaswil Siap Tangkap Mafia Bola yang Bermain di Wilayah Jabar

Liga Indonesia

Jumat, 21 Februari 2020 | 20:06 WIB

200221195444-satga.jpg

independensi

ilustrasi

SATGAS Antimafia bola jilid III wilayah Jawa Barat (Satgaswil) siap melakukan pengawasan dalam kompetisi Liga 1, 2 dan 3 musim bermain di wilayah hukum Polda Jabar. Hal tersebut diungkapan Kasatgaswil Jawa Barat, Kombes Pol. Hendra Suhartiono.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jabar ini, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan Asosiasi Sepakbola Provinsi Jawa Barat Polisi Militer (POM) dan TNI.

"Dibentuknya Satgaswil Antimafia Bola jilid III Polda Jabar, bertujuan untuk mewujudkan sepakbola Indonesia yang bersih bermartabat dan berprestasi," jelas Hendra di Mapolda Jabar, Jumat (21/2/2020).

Lebih lanjut Hendra menegaskan, Satgaswil Jabar jilid III ini, nantinya akan mengawasi setiap pertandingan Liga 1, 2 dan 3 yang akan bergulir pada awal Maret 2020.

"Kami sudah komunikasi dengan rekan-rekan dari TNI dan Asprov PSSI serta satgas lainnya, Pasalnya satgaswil tidak hanya dibentuk. di Polda Jabar, melainkan di Polres Polres yang ada Liga 2 dan Liga 3," ujarnya.

Satgaswil Jabar jilid III ini, kata Hendra, nantinya akan mengawasi dua tim Liga 1, satu tim Liga 2 dan dua tim Liga 3. Selain pengawasan, Satgaswil ini dapat melalukan penindakan hukum jika terjadi match fixing.

"Targetnya untuk menangkap mafia bola, kan mafia bola ini macam-macam. Bisa dari pemainnya, bisa dari wasit bandar judinya banyak kemungkinan sebagai subjek hukumnya. Dan sanksinya kami sudah menyiapkan pasal-pasal UUD suap, nanti bisa dijerat dengan TPPUnya, kemudian dengan masalah perjudiannya, kami sudah formulakan untuk satu garis," jelasnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR