Sinyal Positif, GBLA Bisa Jadi Home Base Persib di Liga 1

Persib

Jumat, 21 Februari 2020 | 19:29 WIB

200221192628-sinya.jpg

Remy Suryadie

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung bersama Polrestabes Bandung memberi sinyal jika Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dapat digunakan kembali untuk pertandingan Liga 1 2020 yang dimulai akhir Februari ini. Bahkan kemungkinan besar GBLA akan menjadi home base klub Persib Bandung.

"Alhamdulillah kita sudah membahas, semua ada kesepakatan. Insya Allah ke depan yang diharapkan serta cita-cita warga Bandung dan Jawa Barat, mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik. Dengan dapat digunakannya lagi stadion GBLA pertandingan bisa disini dengan syarat-syarat prosedur dilaksanakan," terang Wali Kota Bandung, Oded M Danial, usai rapat koordinasi Pengamanan GBLA, di Hotel Elroyale Jalan Merdeka, Kota Bandung, Jumat (21/2/2020).

Dalam rapat koordinasi tersebut, pihak pemkot mengundang Kepala Satgas Anti Mafia Bola yang juga Karo Provos Polri, Brigjen Pol. Hendro Pandowo, Asprov PSSI Jabar Tommy Apriantono, manajer Persib, PSSI Pusat, serta perwakilan Bobotoh.

Rakor ini untuk memastikan stadion bisa difungsikan kembali. Termasuk membahas hal teknis yaitu kondisi bangunan dan non teknis yaitu pengamanan.

"Secara teknis, struktur dari bangunan alhamdulillah. Walaupun beberapa waktu ke belakang ada jaminan SLF (Sertifikat Laik Fungsi) dari Kemen PUPR tapi agar ada jaminan untuk semua, insya Allah berjalan ada SLF berkala," terang Oded.

Dari sisi non teknis, ia mengatakan banyaknya suporter yang menonton di stadion menyaksikan pertandingan memerlukan pengamanan dari kepolisian yang ekstra. Terkait dengan penggunaan stadion untuk pertandingan perdana Persib Bandung, Oded memberi sinyal positif.

"Masih ada waktu, mudah-mudahan karena dalam waktu dekat pak kadis (Dispora) sudah menyurati (pusat) dan progres akan dilakukan," katanya. Terkait dengan serah terima aset dari PT Adhi Karya, ia mengatakan masih dalam proses.

Sementara itu ditempat yang sama Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol. Ulung Sampurna Jaya mengatakan pihaknya siap melakukan pengamanan jika pertandingan Persib Bandung digelar di Stadion GBLA. Terkait keamanan, pihaknya bersama Pemkot Bandung bersama mengecek kondisi stadion.

"Pengamanan sendiri tidak masalah dan siap dilaksanakan. Keamanan sedang kita kerjakan bersama, duduk bersama mengecek kembali stadion baik secara struktur dicek oke, tidak ada masalah. Polrestabes mendukung full," katanya.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar berharap stadion GBLA bisa digunakan Persib Bandung untuk mrlaksanakan pertandingan di Liga 1 2020. Ia pun mengaku optimis stadion bisa menjadi homebase. 

"Sedang dilakukan didaftarkan (homebase Persib Bandung). Kita sangat senang kalau bisa jadi homebase karena masyarakat Bandung, Jabar tidak akan pusing kalau homebase disana," ungkapnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR