"Kesetiaan Hati" Nobo, Diuji Lewat Nuansa Akustik

Hiburan

Jumat, 21 Februari 2020 | 13:16 WIB

200221132526--kese.jpg

Eddie Karsito

Menyoal musik dan tembang Indonesia tak akan ada habisnya. Penyanyi-penyanyi baru, dengan konten musik yang baru, bermunculan ikut mewarnai industri musik Indonesia.

Di tahun 2020 ini, ternyata lagu bertempo melankolis dan romantis masih menjadi pilihan para musisi dan penyanyi dengan genre pop slow.

Setidaknya bagi para pecinta musik tanah air, lagu-lagu Indonesia jenis melankolis dan romantis ini masih memiliki tempat tersendiri di telinga para pecintanya.

“Lagu-lagu ini tetap mendapat perhatian lebih dari penggemarnya,” ujar Nobo, kepada galamedianews.com, saat dijumpai  di Studio JK Records, di Jl. Musi Cideng, Jakarta Barat, Senin (17/02/2020)

Nobo bukan pendatang baru di kancah industri musik Indonesia. Penyanyi yang juga Aparatur Sipil Negara (ANS) di Badan Penghubung Daerah Provinsi Papua ini, cukup lama menekuni dunia tarik suara. “Menyanyi itu panggilan jiwa. Sementara menjadi pegawai negeri itu pengabdian untuk Negara dan bangsa,” tukas penyanyi yang kini tengah menyiapkan single lagu kedua bertajuk ‘Kesetiaan Hati’ ini.

Melalui lagu ‘Kesetiaan Hati’ ciptaan Bung Yossy ini, Nobo ingin menggebrak belantika musik Indonesia. “Sudah kita atur single kedua ini sesuai rencana peluncurannya. Sebenarnya ada tiga single. Semua sudah selesai dikerjakan. Nanti diluncurkan bertahap. Tinggal menunggu momentum yang tepat,” terang Nobo.

Menyoal lagu ‘Kesetiaan Hati,’ menurut Nobo lagu ini masih bermain di area mellow romantic. Bedanya, untuk single kedua ini kosepnya adalah akustik. “Kali ini saya dan JK Record menyuguhkan hal baru, dengan memberi sentuhan akustik pada lagu ini. Jika pada single pertama konsepnya full band (musik) maka pada single kedua ini saya hanya melakukan penguatan pada gitar,” jelas Nobo.

Sejalan dengan produser yang menginginkan konsep simplicity untuk lagu atau single yang akan diproduksi. Konsep akustik ini juga easy listening bagi para pemikmat musik Indonesia. Dan beberapa musisi juga sudah melakukan hal ini dan terbukti lagu mereka juga digemari masyarakat.

“Selain garapan musiknya, yang penting lirik harus lebay tapi tetap enak. Lebih mudah dicerna atau juga bisa lebih mudah dimainkan. Sehingga tidak menutup kemungkinan bagi pendengar untuk meng-cover lagunya,” ujar penyanyi jebolan Indonesian Idol ini.

Di single kedua ini, kata Nobo, menyanyikannya benar-benar harus dengan rasa. Sebab menurutnya, lagu ‘Kesetiaan Hati’ ini mengisahkan tentang hubungan cinta. Kisahnya seseorang yang punya kekasih yang ditinggalkan.

“Ternyata keputusan untuk meninggalkan sang kekasih itu berujung pada penyesalan. Karena ternyata kekasihnya tersebut adalah true love -nya. Di sini rasa cinta dan kesetiaan di tampilkan dalam lagu ini. Dengan hanya menampilkan instrument gitar dan vocal penyanyi, maka nuansa cinta dari lagu ini sangat kental,” papar Nobo.

Nobo juga menjelaskan bahwa proses penggarapan lagu ini terbilang lumayan singkat hanya sebulan. “Karena memang materi lagunya sudah siap. Jadi saat take recording kita langsung lanjut dengan syuting video klip dan juga beberapa revisi. Jadi total penggarapannya hanya sebulan,” ungkap Nobo.

Senada yang diutarakan Nobo, Produser JK Records, Leonard Kristianto, juga menyatakan bahwa tren lagu saat ini lebih banyak menggunakan konsep akustik. Hal ini bisa dilihat di flat form media social, seperti youtube, banyak sekali lagu yang dikemas dalam konsep akustik.

“Pendengar juga inginnya yang simple-simple saja. Ya mungkin tuntutan zaman. Semua harus serba simple dan menghibur. Meski begitu nuansa keteduhan lagu ini sangat kentara,” jelas produser yang biasa disapa Nyo ini.

Tren akustik, menurut Nyo, sangat dominan. Banyak musisi mulai meng-cover berbagai lagu, baik lagu baru maupun lama yang kemudian mereka mainkan secara akustik. Mengenai pilihan pada Nobo untuk membawakan lagu ini, Nyo beralasan penyanyi asal Papua ini memiliki karakter suara yang bagus. Range suara Nobo juga tinggi, sehingga lagu itu sangat cocok dengan Nobo.

“Untuk musisi pendukung, JK Record memilihkan musisi yang secara kualitas sudah terbukti, seperti Hendri Lamiri (Biola), Nurul Susanto (Gitar). Saya sendiri main Backpipe dan Akordion. Ada juga Mark (Bass), dia lulusan conservatori music di Australia. Pokoknya semua mengerahkan kemampuannya untuk menjadikan lagu ’Kesetiaan Hati’ ini layak didengar dan nyanyikan masyarakat,” ujar Nyo menutup.

Editor: boedi azwar

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR