Enam Calon Bersaing dalam Pemilu Raya Ketua Umum IKA Unpad

Bandung Raya

Kamis, 20 Februari 2020 | 18:02 WIB

200220180406-enam-.jpg

Rio Ryzki Batee

SEBANYAK enam calon ditetapkan pada kontestasi Pemilu Raya Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Penetapan tersebut, setelah melalui proses verifikasi dan adminitrasi yang dilakukan oleh panitia pemilu.

Sejumlah nama tersebut, yakni Tatan Pria Sudjana, Tasdiyanto, Ary Zulfikar, Hadiyanto, Irawati Hermawan, dan Ferry Kurnia Rizkiyansyah.

Lebih jauh, kontestasi Pemilu Raya IKA Unpad 2020 resmi digaungkan setelah penetapan peserta pemilihan, pengundian nomor urut calon, serta deklarasi kampanye pemilu raya damai.

"Jadi kompetsi ini merupakan bagian dari proses regenerasi. Kita berharap banyak alumni yang hadir dan mengikuti proses pemilihan termasuk reuninya. Kita akan upayakan ini menjadi kompetisi sehat," ungkap Ketua panitia Mubes (Musyawarah Besar) dan Pemilu Raya IKA Unpad, Slamet Usman Ismanto di Sekretariat IKA Unpad, Jln. Singaperbangsa, Kota Bandung, Kamis (20/2/2020).

Menurutnya semua dokumen persyaratan dukungan dan kelengkapan telah diverifikasi oleh panitia Mubes dan Pemilu Raya IKA Unpad. Dukungan calon bisa didapatkan minimal dari dua Komisariat baik Komisariat Fakultas atau Komisariat Daerah. Selain itu, juga dukungan perseorangan dengan jumlah minimal 250 dukungan alumni Unpad, yang disertai tanda tangan dan kartu identitas.

Dikatakannya, kampanye dapat dilakukan melalui berbagai platform seperti tatap muka, media sosial, media massa, dan publikasi di ruang umum, yang semua merujuk pada peraturan yang telah ditetapkan. 

Slamet menjelaskan, bahwa panitia juga memfasilitasi Dialog Publik dan Pemaparan Visi Misi Calon Ketua IKA Unpad pada tanggal 20 Maret 2020. 

Dengan demikian, maka partisipasi dalam kontestasi Pemilu Raya IKA Unpad tidak hanya sebagai bentuk komitmen keenam kontestan terkait keguyuban alumni Unpad dan kemajuan almamater, tetapi juga sebagai bagian dari tema “Hayu Babarengan Ngapungkeun Unpad”.

"Dalam catatan perjalanan usia Unpad yang menginjak 62 tahun, Unpad telah melahirkan hampir 300 ribu alumni yang tersebar di multi sektor baik nasional maupun internasional," katanya.

Diakuinya hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para kandidat untuk menuangkan ide dan gagasannya, untuk menjadikan Unpad dengan segala potensi dan jejaring yang dimilikinya sebagai motor penggerak pembangunan.

Sementara itu, Pelaksanaan Pemilu Raya IKA Unpad akan dilaksanakan pada 4 April 2020. Sistem registrasi pemilih akan melibatkan data center Universitas Padjadjaran sebagai institusi resmi yang mengeluarkan database alumni untuk memverifikasi nama alumni yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Proses pendataan pemilih dalam Pemilu Raya IKA Unpad dilaksanakan mulai 1 Maret 2020 sampai dengan hari H pelaksanaan.

Lebih jauh, pihaknya menargetkan hadirnya 5 ribu alumni untuk ikut menyukseskan Pemilu Raya dan Reuni Akbar IKA Unpad.

Ia mengimbau kepada seluruh alumni agar berpartisipasi aktif dalam agenda Pemilu Raya dan Reuni Akbar. Mengingat suara alumni Unpad sangat berpengaruh bagi kemajuan alumni Unpad dan almamater.

"Apalagi dalam visi besar Unpad, satu alumni harus memberi satu mashlahat demi mewujudkan Unpad sebagai kampus 500 besar dunia," tambahnya.

 

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR