Ratusan Peserta Surya Sakti Peroleh Brivet Survival

Daerah

Kamis, 20 Februari 2020 | 15:29 WIB

200220152903-ratus.jpg

Dally Kardilan

SETELAH digembleng selama tiga hari pada latihan survival dasar bersandi Surya Sakti 2020, seluruh peserta yang berjumlah 123 orang mendapat Brivet Survival. Secara resmi penyematan sekaligus penutupan kegiatan dipimpin Komandan Wing 8, Kolonel Pnb Khairun Aslam, Kamis (20/2/2020).

Penyematan brivet survival di Hangar Carli Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang berlangsung cukup hidmat dan sederhana.

"Kami bersyukur latihan ini dapat diselesaikan dengan baik, aman, lancar tanpa kurang suatu apapun," kata Kolonel Pnb Khairun Aslam yang mewakili Danlanud Suryadarma, Marsma TNI I Wayan Sulaba.

Hal ini, lanjutnya, atas berkah Tuhan yang Maha Kuasa, ditambah peran semua pihak yang sudah mendukung, baik panitia pelaksana, pelatih maupun para peserta, dan segenap aparat kewilayahan.

"Kalian telah menjalankan fungsi dan tugasnya masing-masing, sehingga selama latihan tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Dan yang penting semua materi menjadi pelajaran berharga untuk kehidupan," jelasnya

Bagaimana pentingnya memahami dan mengerti rasanya bertahan hidup atau survival ketika terjadi emergency dalam kegiatan penerbangan. Pada saat itu segala kesulitan yang dialami selama latihan di medan survival dapat dirasakan dan semua diberikan untuk membentuk karakter kesabaran, tahan uji, pantang menyerah, rela menderita, serta memiliki keberanian," sambungnya.

Namun demikian, dengan keterbatasan yang ada, Khairun menilai masih terdapat beberapa kendala dan kekurangan dalam pelaksanannya.

"Untuk itu saya minta kepada komando latihan dan staf pelaksana latihan untuk mengadakan evaluasi secara menyeluruh, sehingga kita harapkan pada pelaksanaan latihan berikutnya dapat berjalan lebih baik dari latihan saat ini," tandasnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR