Ditemukan di Saat Genting, Bintang Jerman Anti-Nazi Inspirasi di Balik Sosok Joker DC Comics

Hiburan

Kamis, 20 Februari 2020 | 14:56 WIB

200220145552-muncu.jpg

dailymail

Keberhasilan Joaquin Phoenix di ajang Oscar dengan memenangi Best Actor berkat perannya dalam Joker menjadikannya aktor kedua yang mendapat penghargaan serupa untuk peran sama. Sebelumnya tahun  2009, Heath Ledger lebih dulu masuk daftar penerima award setelah memerankan Joker dalam The Dark Knight.

Fakta lainnya ternyata sosok Joker berasal dari Jerman. Dikutip dari DailyMail, belum lama ini berawal pada 1940 saat para pereka imajinasi  DC Comics yang menciptakan Batman kesulitan menemukan musuh abadi pahlawan berjubah hitam ini.

Joker 2020.

Dan ternyata inspirasi didapat kala salah seorang dari mereka melihat foto-foto bintang film bisu Jerman, Conrad Veidt yang mulai dikenal pada tahun 1928 melalui film The Man Who Laughs yang dibuat berdasar novel Victor Hugo. Ia memerankan sosok dengan mulut terluka akibat mutilasi hingga membuatnya terlihat menakutkan dan berakhir sebagai objek sirkus.

Kreator Joker edisi milenial 2020 pun mengakui mereka terinspirasi  Veidt. Seperti karakter Veidt, Gwynplaine, Joker baru yang diperankan  Phoenix merupakan pribadi yang menjadi objek bully, sensitif, dan menyedihkan.

Joker hidup dengan luka batin yang dipengaruhi kondisi yang bisa membuatnya tertawa tak terkendali di momen  tak seharusnya. Persilangan emosi ekstrem yang berikutnya mengungkap sisi gelap yang membuatnya menjadi prbadi mematikan.

Conrad Veidt: original Joker.

Lalu seperti apa sosok Veidt di dunia nyata? Dikenal sebagai anti-Nazi yang berani, ia mengorbankan karier gemerlap di Jerman dan mengabdi hidup bahkan kekayaannya demi gerakan yang diinisiasi Inggris demi melawan Nazi.

Dilahirkan di Berlin pada tahun 1893, Veidt yang memiliki postur tubuh tinggi dan ramping dianggap sempurna untuk film-film horor. Dia pun  dijuluki “Iblis Layar Perak”. Hijrah ke Hollywood di ia mencapai kesuksesan terbesarnya berkat The Man Who Laughs yang ternyata menjadi inspirasi salah satu film dengan karakter jahat paling sukses.

Berambut hitam yang disapu ke belakang hingga wajahnya yang pucat terlihat jelas plus rias mata dramatis dan seringai jahat yang terbingkai lipstik merah, Veidt benar-benar mirip Joker dalam DC. Saking mirip tak sedikit yang mempertanyakan tak adanya gugatan hak cipta.

I see..

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR