Sempat Naik Drastis, Harga Bawang Putih di Kota Cimahi Mulai Berangsur Turun

Bandung Raya

Kamis, 20 Februari 2020 | 14:37 WIB

200220143646-sempa.jpg

SEMPAT naik drastis, harga bawang putih di pasar tradisional Kota Cimahi berangsur turun. Diduga penurunan harga tersebut salah satunya dipicu karena adanya operasi pasar murah (OPM) bawang putih yang dilakukan di sejumlah pasar tardisional, termasuk di Kota Cimahi, Rabu (19/2/2020) kemarin.

Seperti diketahui, dalam beberapa minggu terakhir ini harga bawang putih naik hingga Rp 55-60 ribu/kg. Padahal harga normalnya biasa diecer Rp 30-35 ribu/kg.

Naiknya harga bawang itupun dihubung-hubungkan dengan virus corona yang tengah mewabah di Cina. Hal itu cukup beralasan mengingat Ciina merupakan salah satu negara yang mengimpor bawang putih ke Indonesia.

Nanah (51), seorang pedagang di Paar Atas Baru mengatakan, saat ini dirinya menjual bawang putih seharga Rp 45 ribu/kg. Harga ini sudah turun Rp 15 ribu/kg, dari sebelumnya Rp 60 ribu/kg

"Baru hari ini turunnya. Sekarang mah harganya murah. Kemarin ada operasi pasar jadi lebih murah. Mudah-mudahan aja terus turun, normalnya sih Rp 30-35 ribu/kg," terangnya, Kamis (20/2/2020)

Di Pasar Cimindi, harga bawang putih juga mengalami penurunan.

"Sekarang sudah mulai turun, eceran Rp 40-50 ribu/kg. Kalau dari bandarnya Rp 35/kg," kata Ketua Paguyugan Pedagang Pasar Cimindi, Asep Rohendi.

Menurutnya, naik dan turunnya harga bawang putih disebabkan adanya permainan kartel yang memanfaatkan merebaknya virus tersebut. Sebab, kata dia, ketika sekarang ini pemerintah berencana mengimpor kembali bawang putih, harganya pun perlahan mulai turun.

"Kalau dugaan saya mah, permainan kartel yang memanfaatkan momentum. Sekarang kan pemerintah agendanya mau impor lagi, langsung turun cukup signifikan harganya," katanya.

Kepala Seksi (Kasi) Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dinas Perdagangan Koperasi UMKM Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi, Eka Handayani membenarkan jika harga bawang putih di pasar tradisional Kota Cimahi berangsur turun

"Iya Alhamdulillah turun, setelah ada OPM kemarin. Di Pasar Atas jadi 45 ribu/kg, sebelum OPM Rp 55 - 60 ribu/kg. Bahkan di pasar Melong sudah 40 ribu/kg," katanya.

Eka pun memperkirakan harga bawang putih akan kembali normal, yakni Rp 30-35 ribu/kg. "Kemungkinan bisa (normal lagi). Mengingat OPM bawang putih oleh Satgas Pangan provinsi dan Disperindag Provinsi masih berlanjut di kota lain," terangnya

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR