Raja John di Balik Burung Rekaan Liver 813 Tahun Lalu, Seperti Apa Logo Pertama Liverpool?

Soccer

Kamis, 20 Februari 2020 | 14:07 WIB

200220140659-raja-.jpg

dailymail

Perubahan logo klub meski bukan hal baru tapi tetap saja dilakukan dengan hati-hati. Dan dari sekian klub yang melakukannya, Liverpool termasuk klub dengan perubahan yang terbilang signifikan. Logo Liverpool sendiri tak diragukan menjadi salah satu yang paing dikenal di dunia. Dengan catatan sejarah yang panjang lalu seperti apa logo Liverpool yang pertama?

Dikutip dari DailyMail beberapa waktu lalu, dijuluki The Reds alias Si Merah ternyata  logo tim kebanggaan Merseyside yang pertama atau sekitar 128 tahun lalu sangat mewakili julukan tadi. Logo awal Liverpool tahun 1892 ini benar-benar hanya terdiri dari warna merah dengan aksentuasi putih saja.

Secara historis logo resmi perdana The Kops merupakan  replika lambang Kota Liverpool. Termasuk di dalamnya siluet Neptunus, dewa laut Romawi dan Triton, pembawa pesan dari samudra dalam mitologi Yunani.

Ini ternyata logo pertama The Reds. (net)

Di antara keduanya terdapat dua burung kormoran dan burung rekaan Liver, simbol  yang sangat dikenal dalam sistem heraldik Kota Liverpool. Baik Triton maupun Neptunus dalam logo ini memegang bendera. Ada pula spanduk dengan teks Latin yang terjemahan bebasnya kira-kira "Tuhan telah memberi kita kemudahan ini."

Secara umum logo Liverpool di awal pendiriannya melambangkan keberhasilan sebagai kota pelabuhan. Lebih jauh, burung Liver yang merupakan  persilangan antara elang dan burung kormoran ternyata diciptakan pada 1207 atau tak kurang dari 813 tahun lalu sebagai materai yang digunakan untuk mengonfirmasi status Kota Liverpool dari Raja John.

 

1980-an, 1987 dan 1999.

Perubahan baru dilakukan pada akhir 1940-an dengan warna dan tambahan simbol hingga awal 1980-an. Meski demikian sejak era Bill Shankly dan Bob Paisley perubahan tak pernah sampai menghilangkan burung Liver seperti pada versi pertama tahun 80-an (paling kiri). Juga tahun 1987 (tengah) yang terlihat lebih modern hingga edisi 1999 yang menyertakan dua api abadi sebagai tribute bagi para korban tragedi Hillsborough.

Dan tentu saja latar Shankly Gates yang sekilas menyerupai perisai dan bisa dilihat pada pagar homebase klub Stadion Anfield. Shankly Gates merujuk pada manajer legendaris Bill Shankly di era 1982. Banner bertuliskan “You'll Never Walk Alone” yang menjadi anthem wajib  para pendukung The Reds berikutnya menyusul menghiasi logo bersama api abadi sebagai pengingat tragedi Stadion Hillsborough yang menewaskan 96 Liverpudlian tahun 1989. Tepatnya pada logo yang menandai tahun ke-100 klub.

Karakter logo lama

(net)

Logo pertama sejak perubahan dari versi yang paling orisinal dibuat dengan  sederhana. Hanya ada burung Liver dengan dengan rumput laut di paruh serta nama klub. Pembaruan yang dianggap luar biasa pada logo ini adalah sayap burung Liver yang terentang penuh dan tak pernah diubah lagi.

Logo ini dapat dilihat pada jersey para pemain saat mengalahkan Arsenal musim 1950. Baru pada tahun 1955 tulisan "L.F.C." muncul dalam berbentuk oval.

Simbol awal evolusi 1987-2016

(net)

Kit musim 1987/1988 menampilkan logo Liverpool FC yang diperbarui di mana siluet perisai dibuat lebih jelas bersama tulisan "Liverpool Football Club." Setelah itu logo Liverpool mengalami "evolusi" dengan pembaruan berututan yang dilakukan pada tahun 1992, 1993, dan 1999 (Google it...!). Sebagai catatan logo Liverpool musim 1996 sama persis seperti versi 1993.

Edisi istimewa tahun ke-125 musim 2017

Pada April 2017, dua emblem FC Liverpool yang diperbarui diperkenalkan untuk musim bermain 2017/2018 yang juga menandai ulang tahun tim. Perisai semakin penuh dengan tambahan tahun pendirian "1892" yang menandai pertandingan pertama The Reds. Tambahan tahun 2017 dilakukan sebagai peringatan HUT ke-125 klub.

Font

Untuk jenis huruf yang digunakan logo Liverpool sempat menggunakan beberapa font. Di antaranya Albertus Roman, Flareserif 821, dan Narkisim.

Warna

Last but not least, warna dasar atau palet pun  ikut berdinamika. Di antara warna pakem Liverpool termasuk hijau Persia dan kuning terang Icterine. Kedua warna ini digunakan dalam kombinasi utama merah untuk membantu menciptakan efek 3D.

Okay!

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR