Ini Dia Makanan Fungsional (Nutraseutikal) Pencerah Kulit Alami

Ragam

Kamis, 20 Februari 2020 | 12:49 WIB

200220125044-ini-d.jpg

amazine.co

ilustrasi

MEMILIKI kulit putih dan bersih sepertinya menjadi dambaan setiap wanita. Tak heran saat ini banyak beredar produk pemutih, tetapi memiliki risiko yang cukup besar. Sebagai alternatif bisa menggunakan produk alami. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memutihkan kulit dengan cara alami.

Berikut beberapa makanan yang membantu menjaga kesehatan kulit dan sekaligus mencerahkannya menurut Guru Besar Farmasi Unpad, Keri Lestari Dandan:

1. Seng
Seng ditemukan dalam kerang, udang, kedelai, biji bunga matahari dan biji-bijian. Seng dapat membantu kulit agar tetap sehat dan menyembuhkan luka dengan cepat.

2. Vitamin A
Vitamin dapat membantu pembaharuan sel dan banyak ditemukan dalam telur, minyak hati ikan, produk susu, sayuran hijau tua, sayuran kuning dan oranye, wortel dan labu.

3. Vitamin C
Vitamin C dapat membantu melindungi kulit dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sedangkan lemak esensial, seperti Omega 3, membantu mempertahankan tingkat kelembapan dan mengurangi peradangan.

4. Tomat
Kandungan lycopene dalam tomat berfungsi sebagai pencerah kulit alami. Mengonsumsi tomat juga bisa mengurangsi sensitivitas kulit terhadap sinar UV yang bisa merusak kulit. Kandungan lycopene dalam buah tomat bisa membuat kulit cerah, terlindung dari radikal bebas, dan meningkatkan produksi tabir surya alami pada kulit.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR