Kota Tangerang Selatan Tuan Rumah Munas VI APEKSI 2020

Nasional

Kamis, 20 Februari 2020 | 11:36 WIB

200220113847-kota-.jpg

redaksi24.com

KOTA Tangerang Selatan terpilih sebagai tuan rumah Musyawarah Nasional (Munas) ke VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2020 pada 30 Juni hingga 3 Juli 2020 dan dijadwalkan dihadiri 98 Wali Kota di seluruh Indonesia.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI Airin Rachmi Diany di Tangerang, Kamis, mengatakan, penunjukan Kota Tangerang Selatan sebagai tempat penyelenggara Munas ke VI APEKSI berdasarkan Keputusan Rakernas APEKSI Tahun 2019 di Kota Semarang dengan tema "Profesionalisme Aparatur Sipil Negara".

"Telah menjadi tradisi APEKSI bahwa setiap diselenggarakan Munas atau Rakernas APEKSI, maka akan selalu diikuti dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan di kota yang menjadi tuan rumah tersebut,” ungkap Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany saat Launching Munas APEKSI ke VI Tahun 2020 di Pondok Aren, Tangerang, sehari sebelumnya (19/2/2020).

Sementara itu, hadir dalam Launching Munas APEKSI ke VI Tahun 2020 yakni Gubernur Banten Wahidin Halim, Wali Kota Jambi Syarif Fasha, Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie dan beberapa kepala daerah lainnya.

Airin mengatakan, pada Munas ke VI APEKSI nanti akan ada serangkaian kegiatan meliputi Welcome Dinner pada 30 Juni 2020 pukul 19.00 WIB di Gedung Kantor Walikota Tangerang Selatan. Kemudian, pelaksanaan Munas dilaksanakan 1 dan 2 Juli 2020 di sebuah hotel di Bintaro, Kota Tangerang Selatan.

Lalu Ladies Program pada 1 dan 2 Juli 2020. Indonesia City Expo 30 Juni sampai dengan 3 Juli 2020 bertempat di Lapangan BFF Bintaro Tangerang Selatan. Pawai Budaya dari Pemerintah Kota peserta Munas yang pelaksanaannya dipadukan dengan acara Pembukaan Indonesia City Expo 1 Juli 2020.

Lalu penampilan kesenian dari setiap kota selama Indonesia City Expo berlangsung. Penanaman pohon khas daerah tiap-tiap kota pada 2 Juli 2020 dan juga kegiatan City Tour untuk para peserta Munas.

Sebagai tuan rumah, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie berharap Kota Tangerang Selatan dapat menjadi tuan rumah yang baik dalam pelaksanaan Munas ke VI APEKSI 2020 itu.

Benyamin mendorong para pengrajin dan pelaku ekonomi kreatif Kota Tangerang Selatan untuk menampilkan dan pamerkan produknya kepada tamu undangan sebab agendan itu akan dihadiri oleh kurang lebih 3.000 undangan dari 98 Kota.

"Saya berharap Munas berjalan dengan lancar dan aman serta memberikan dampak positif bagi Kota Tangerang Selatan. Selain siklus ekonomi, juga kehadiran pagelaran budaya akan memperkenalkan kesenian dan kebudayaan Tangerang Selatan kepada masyarakat luas," ujarnya.

Indonesia City Expo
Selain itu, juga digelar Launching Indonesia City Expo ke-18, yakni pameran pemerintah kota-kota di seluruh Indonesia oleh APEKSI bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan selaku tuan rumah.

Penyelenggaraan Indonesia City Expo ini merupakan kegiatan yang sangat tepat dan strategis, karena kegiatan ini merupakan salah satu ajang bisnis, promosi, dan informasi produk serta jasa unggulan dari kota-kota anggota APEKSI.

Ajang Indonesia City Expo ini akan dapat meningkatkan transaksi jual beli, baik seketika maupun yang kemudian dilaksanakan demi menumbuhkan ekonomi daerah dan demi mengokohkan ekonomi nasional.

“Melalui Indonesia City Expo ini kita berharap dapat mendorong para pengusaha lokal maupun nasional untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini sekaligus untuk menampilkan/mengenalkan berbagai tipe dan unggulan yang dimiliki, sehingga kegiatan ini dapat dimanfaatkan dan dijadikan ajang atau peluang untuk melaksanakan kerjasama di segala bidang,” jelas Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Gubernur Banten, Wahidin Halim memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang menjadi tuan rumah Apeksi ke VI Tahun 2020. Sebab, baru kali ini Munas dirangkum dengan adanya City Expo skala nasional. "Kalau melihat dari kesiapannya, ini megah sekali dan sangat luar biasa," ujarnya.

Kemudian, Gubernur Wahidin juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Tangsel yang terus melestarikan budaya Betawi seperti palang pintu pada setiap kegiatan. "Ini jadi ciri khas yang sangat bagus terus dipertahankan Kota Tangsel," paparnya.

Mengenai harapan dalam penyelenggaraan Apeksi ke depan, Gubernur berharap agar dinamika perkotaan yang selama ini terjadi seperti tumpang tindih aturan dapat selesai.

"Saya juga sudah sampaikan 126 rekomendasi ke Presiden sebagai masukan," ujarnya seraya mengajak peserta Apeksi nanti berwisata religi ke Banten.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR