Sensus Penduduk Secara Online, Wali Kota Tasikmalaya Orang Pertama yang Disensus

Daerah

Rabu, 19 Februari 2020 | 20:29 WIB

200219202948-sensu.jpg

WALI Kota Tasikmalaya H. Budi Budiman menjadi orang pertama dalam mengisi data sensus penduduk 2020 secara online. Pengisian data penduduk tersebut dilakukan Wali Kota bersama keluarga di kediamannya di Jalan Bojong, Kelurahan Panglayungan, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Rabu (19/2/2020).

Dengan dibimbing petugas Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya, wali kota mengisi formulir secara online di laptop. Wali kota melakukan pengisian data sesuai yang dipertanyakan dalam sensus.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tasikmalaya, Jam Jam Zamachsyari mengatakan, pengisian data sensus penduduk elektronik atau cara online lebih mudah dan cepat. Jika sudah faham data sensus sudah bisa terisi hanya membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 menit.

"Pengisian sensus secara online akan bisa dilakukan lebih mudah, cepat dan tepat. Selain itu, era digitalisasi seperti sekarang ini merupakan sudah menjadi tuntutan," katanya.

Meski masih cukup lama untuk pelaksanaan sensus elektronik atau online, pihaknya menargetkan warga yang mengisi data sensus elektronik bisa mencapai 25 hingga 30 persen, pada sensus hingga Maret 2020 penduduk Kota Tasikmalaya bisa tersensus.

Sisanya, kata Jam Jam, pihaknya akan menyiapkan sekitar 1.081 petugas sensus yang akan melakukan pencacahan ke rumah-rumah mulai 1 hingga 31 Juli 2020.

Diungkapkan Jam Jam, terkait kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan sensus secara online, mungkin lebih ketersediaan jaringan. Dimana ada beberapa wilayah di Kota Tasikmalaya yang jaringannya kurang bagus. Akan tetapi secara umum di Kota Tasikmalaya kendala jaringan akan bisa diatasi.

Sementara Wali Kota Tasikmalaya H. Budi Budiman mengatakan, pihaknya sudah siap dengan kedatangan tim dari BPS Kota Tasikmalaya ke rumah tinggalnya. Budi bersama keluarga akan melakukan pengisian sensus penduduk secara online.

"Kami mengajak kepada masyarakat Kota Tasikmalaya untuk mulai melakukan pengisian data untuk sensus penduduk secara online mulai 15 Februari Hingga 31 Maret secara benar," ujarnya usai pengisian.

Dikatakan Budi, Bagi masyarakat yang belum bisa melakukannya menggunakan gadget atau secara online. Warga tidak perlu khawatir, nanti tanggal 1-31 Juli akan ada petugas dari BPS yang datang ke rumah.

Diharapkan masyarakat membantu petugas BPS yang akan datang ke setiap rumah warga tersebut, dengan menyampaikan data sebenar-benarnya.

"Sensus penduduk itu sangat penting dan sangat berguna bagi pemerintah dalam hal keperluan data kependudukan termasuk untuk arah proyeksi pembangunan ke depan," ujarnya.

Kalau untuk dokumentasi data kependudukan yang dibutuhkan, lanjut Budi, warga hanya memperlihatkan Kartu Keluarga (KK) dan surat nikah bagi masyarakat yang sudah berkeluarga.

"Pengisian tadi dibimbing oleh petugas BPS dan sebetulnya tidak susah. Hanya saja tetap perlu ketelitian dan pengisian data secara benar," katanya.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR