Gubernur Jabar Ikut Menanam Jahe di Subang

Daerah

Rabu, 19 Februari 2020 | 17:25 WIB

200219172256-guber.jpeg

Dally Kardilan

GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil didampingi Bupati Subang Ruhimat dan pejabat dari BJB serta Agro Jabar melakukan penanaman jahe secara serentak di blok Ranca Bebek, Desa Manyingsal, Kecamatan Cipunagara, Rabu (19/2/2020). Penanaman merupakan kerjasama antara dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat, Bank bjb dan Agro Jabar.

Di lokasi, dilakukan penandatanganan fasilitas kredit antara kedua BUMD tersebut. Langkah itu dilakukan dalam rangka pengembangan usaha perekonomian dan menyukseskan program Pemprov Jabar.

Direktur Consumer dan Retail Bank bjb, Suartini menyatakan, pihaknya sebagai mitra berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah dalam meningkatkan perokomian dan akan terus mendorong serta mensukseskan program pemerintah (Jabar).

"Ke depan kami berharap dengan adanya acara penandatanganan ini mudah-mudahan lebih banyak lagi kerjasama yang saling menguntungkan," ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan Direktur Utama PT Agro Jabar (Perseroda), Kurnia Fajar. Menurut dia, dipilihnya tanaman jahe sebagai salah satu rempah Nusantara karena diminati bangsa Eropa.

Nantinya, jahe yang ditanam di Subang akan diekspor ke Eropa dan Korea Selatan. Luas lahan yang ditanam mencapai 100 hektare dengan modal sebesar Rp 13 miliar.

"Jawa Barat memiliki agroklimat yang cocok. Sejarah sudah membuktikan, dari lima besar rempah Nusantara yang dicari bangsa Eropa salahsatunya jahe. Jadi, barangkali inilah saat yang tepat untuk mengembalikan kejayaan rempah-rempah Nusantara, khususnya Jawa Barat," ungkap Kurnia.

Gubernur Jabar menyambut baik upaya dari Agro Jabar yang bersinergi dengan bjb dan menilai kalau kedua BUMD itu terus membaik.

"Yang menarik adalah sudah ada pembelinya yang siap. Ini sebenarnya yang harus dikembangkan, yaitu sebuah pertanian dengan sistem ekonominya sudah siap atau off taker, dan yang menariknya lagi kita mulai dengan yang namanya sinergi BUMD Jawa Barat. Jadi, BUMD-BUMD yang ada di lingkungan Pemprov (Jawa Barat) ini harus saling menguatkan," harap gubernur.

Dengan dipilihnya permodalannya dari bjb merupakan keharusan. Termasuk dirinya menginstruksikan OPD terkait untuk mendata dan meningkatkan produksi produk-produk pertanian yang ramai di pasaran, sebagaimana yang dilakukan Agro Jabar yang proaktif mencari lahan di kabupaten/kota di Jabar guna mengembangkan produk-produk tersebut.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR