PT Agro Jabar Tanam Jahe Seluas 5 Hektare di Subang

Daerah

Rabu, 19 Februari 2020 | 12:46 WIB

200219124742-pt-ag.jpg

PT Agro Jabar menanam jahe pada lahan seluas 5 hektare di Perkebunan RNI, Manyingsal, Subang, Jawa Barat. Penanaman jahe ini dibiayai bank bjb sebesar Rp12,7 miliar.

Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil menandai kegiatan tersebut dengan menanam jahe di Perkebunan RNI, Manyingsal, Subang, Jawa Barat, Rabu (19/2/2020).

Langkah gubernur tersebut diikuti Direktur Ritel dan Konsumer bank bjb Suartini, Direktur Utama PT. Agro Jabar, Kurnia Fajar, dan sejumlah pejabat lainnya.

Pria yang akrab disapa Emil ini berharap, penanaman jahe tersebut bisa memberikan dividen besar kepada Pemprov Jabar.

"Jahe ini sedang naik daun. Permintaan pasar luar negeri sangat tinggi. Jadi, saya kira ini bisa sangat menguntungkan," ujar Emil.

Terlebih, lanjut Emil, jahe yang ditanam tersebut sudah jelas penampungnya. Sehingga ketika masa panen, PT Agro Jabar sudah dipastikan bakal meraih laba.

Ia pun berharap, PT Agro Jabar bisa memperluas lahan tanam. Untuk itu Emil meminta Badan Usaha Milik Daerah tersebut mencari lahan kosong untuk ditanami.

"Saya minta PT Agro keliling Jabar untuk mencari lahan kosong, setelah nemu, kita tanami," katanya.

Direktur Utama PT Agro Jabar Fajar Kurnia mengatakan, wilayah Jabar sangat cocok ditanami jahe. Di sisi lain, permintaan jahe ini sangat tinggi.

"Kami ingin mengembalikan kejayaan dulu, yakni di masa Nusantara kaya dengan rempah-rempah. Jahe ini salah satu rempah yang akan kami galakan," ujarnya.

Ia pun mengungkapkan jahe yang baru ditanam tersebut sudah memiliki pembeli. Diantaranya, Sido muncul, indofood dan sebuah anak perusahaan Kimia Farma.

Menurutnya, semua itu merupakan hasil kerja keras PT Agro Jabar selama dua tahun melakukan pembenahan.

"Hasil pembenahan itu, kini kami mendapat kepercayaan dari publik dan bank bjb. Kami ucapkan terima kasih," katanya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR