Ini Kata Tour Operator Soal Historical Railway Tour

Pariwisata

Rabu, 19 Februari 2020 | 09:49 WIB

200219095017-ini-k.jpg

Kiki Kurnia

SEJUMLAH tour operator menyambut baik digelarnya Smiling Wets Java Historical Railway Tour 2020 yang bekerjasama dengan PT KAI. Menurut mereka, historival railway merupakan jawaban atau solusi masalah kepariwisataan di Jawa Barat.

"Kegiatan ini merupakan jawaban dari pemerintah bagi para tour operator soal kepariwisataan Jawa Barat selama ini," kata salah seorang tour operator asal Bali, Iwan Wahyudi pada galamedianews.com, Rabu (19/2/2020).

Selama ini, kata Iwan, para tour operator sudah tidak mau lagi menjual kepariwisataan Jawa Barat, khususnya rute Jakarta-Bogor-Bandung karena kemacetan yang sangat parah. Menurut Iwan, banyak yang komplain dari para wisatawan asing, rute Jakarta-Bogor-Bandung yang satu objek wisata yang dikunjung dengan wkatu tempuh yang lama.

"Sehingga akhirnya, kami sebagai tour operatur tidak mau lagi menjual pariwisata Jabar. Kami banyak mengalihkan wisataan ke Jogja dan Bali," tandsnya.

Namun Iwan pun menyebutkan, masih banyak yang harus dibenahi dari historical railway tour ini, terutama objek wisata yang akan dijual. "Kalau dari rute perjalanan sudah terjawab dan bisa diatur, tinggal objek wisatanya yang akan disinggaji, seperti pabrik pengolahan Guta Percha Tjipetir, Situs Gunung Padang, Stasiun Bogor, Stasiun Sukabumi, dan Stasiun Cianjur," ujarnya.

"Yang paling peting, mana suguhan atraksi seni budayanya? Karena wisatawan asing yang datang ke Jabar ini lebih banyak ingin menyaksikan atraksi seni budayanya yang secara reguler dipentaskan. Kalau keindahan alamnya tidak ada bandingannya," tambahnya.

Selain itu, Iwan pun mengkritisi soal aksebilitas maupun amenitasnya yang perlu perbaiki lagi.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR