Bawang Putih Rp28.000/kg, Ratusan warga Rela Antre di Pasar Atas Cimahi

Bandung Raya

Rabu, 19 Februari 2020 | 09:11 WIB

200219091301-bawan.jpg

Ririn NF/PR

Antrean warga di Pasar Atas Barokah Cimahi

RATUSAN warga dan pedagang pasar rela antre untuk mendapatkan bawang putih dengan harga murah, dalam Operasi Pasar Murah (OPM) Bawang Putih, yang digelar oleh Tim Satgas Pangan Provinsi Jawa Barat, di Pasar Atas Barokah Jalan Pasar Atas Kota Cimahi, Rabu (19/2/2020). Mereka senang karena mendapat harga lebih murah dibanding harga pasaran.

Laporan wartawati PR, Ririn NF, kegiatan operasi pasar bawang putih dibuka sejak pukul 05.00 WIB.

Seperti diungkapkan Tati (50). "Alhamdulillah ada jual bawang putih murah hanya Rp 28.000/jg, biasanya saya setiap hari beli karena jualan masakan," ujarnya.

Menurut Tati, selama harga bawang putih mahal terpaksa ia melakukan penghematan.

"Saya pakainya agak dikurangi karena mahal. Tapi tetap pakai karena pengaruh ke masakan," katanya.

Rositawati (40) ibu rumah tangga, warga Kampung Warung Kaweni Kelurahan Cipageran mengatakan, baru tahu ada pasar murah bawang putih saat datang ke pasar.

"Dikasih tahu warga untuk beli di operasi pasar, jadi saya kesini ikut antre, mau beli bawang 1 kg, lumayanlah bisa lebih hemat," ujarnya.

Kasi Bahan Pokok Barang Penting Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Jabar M. Khairi selaku anggota Tim Satgas Pangan Provinsi Jawa Barat menjelaskan, kegiatan operasi pasar bawang putih ini dilakukan sebagai syok terapi.

"Harga bawang putih di pasaran mahal Rp 50.000 sampai Rp 60.000 per kilogram, karena pedagang-pedagang itu masih nyimpen sekarung dua karung. Ini merupakan bentuk kepedulian Provinsi Jabar sebagai upaya  menstabilkan harga bawang putih," ungkapnya.

Bawang yang disediakan pada OPM di PAB berasal dari gudang penyimpanan di Karawang yang diimpor dari Cina oleh importir Surabaya.

"Hasil sidak Satgas Pemprov Jabar menemukan ada stok 150 ton bawang di gudang Karawang. Setelah koordinasi, akhirnya stok bawang itu digulirkan ke masyarakat dengan sistem OPM. Untuk di Cimahi ini disediakan 7 ton dengan harga Rp 28.000/kg," jelasnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR