Samsat Pangandaran Terus Sosialisasikan Program Zonita Pamor dan T-Samsat

Daerah

Selasa, 18 Februari 2020 | 20:15 WIB

200218201721-samsa.jpg

Agus Supriyatman

Drs. H. Asep Cucu, M.M ., Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Samsat Pangandaran.

PEMERINTAH provinsi melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi hingga pendataan dalam Program Zona Integritas Taat Pajak Kendaraan Bermotor atau biasa disebut Zonita Pamor. Hal itu diungkapkan Drs. H. Asep Cucu,M.M., Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Samsat Pangandaran, Selasa (18/2/2020).

Asep mengatakan, Samsat Pangandaran masih terus melakukan pendataan kepemilikan kendaraan bermotor bagi aparatur sipil negara atau ASN. “Zonita Pamor ini sebagai instrumen pengendalian dan peningkatan  ketaatan pajak (PKB) wajib pajak, dengan menempatkan ASN dan keluarganya sebagai pelopor ketaatan pajak daerah guna menopang APBD,” ungkapnya.

Selain itu, Asep menambahkan, dengan adanya program Zonita Pamor ini diharapkan dapat meningkatkan ketaatan pajak dalam hal ini ASN sebagai pelopor taat pajak dalam mengoptimalisasi penerimaan PKB/BBNKB sebagai penopang dominan PAD. Dengan demikian, bisa membangun kolaborasi antar instansi pemerintah provinsi dan dengan pemerintah kab./kota, dalam hal ini Kabupaten Pangandaran serta instansi vertikal lainnya.

Lebih jauh Asep mengatakan, selain program Zonita Pamor, pihaknya juga sedang melakukan sosialisasi Tabungan Samsat atau T-Samsat bekerja sama dengan salah satu bank.  Tujuannya agar masyarakat wajib pajak kendaraan bermotor tidak merasa terbebani, karena bisa melakukan pembayaran atau mengangsur pajak kendaraan bermotor ke bank dengan cara dicicil.

“Jadi jika yang belum tau, silakan buka nomor rekening ke bank bjb. Karena kami kerjasamanya dengan bjb pada program T-Samsat ini, dengan membuka rekening di bank tersebut dan mendaftar sesuai kendaraan yang dimilikinya hingga menjadi anggota T-Samsat nantinya,” katanya.

Sementara itu, di tempat terpisah, Camat Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran Kustiman mengatakan, dia selaku ASN sangat mendukung program Bapenda melalui Zonita Pamor. “Bagi kami nantinya itu sangat memudahkan sekali buat kami selaku ASN dalam ketaatan membayar pajak kendaraan bermotor,” katanya.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR