DPRD Jabar Pastikan BIJB Siap Layani Penerbangan Haji

Haji

Selasa, 18 Februari 2020 | 18:07 WIB

200218180733-dprd-.jpg

bijb.co.id

Bandara Internasional Jawa Barat

BANDARA Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati ditetapkan sebagai lokasi keberangkatan dan kepulangan jemaah haji asal Jawa Barat di tahun 2020. Penetapan berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari Menteri Agama terkait izin.

Untuk memantau kesiapan BIJB Kertajati, rombongan Komisi V DPRD Jawa Barat mendatangi bandara yang berada di Kabupaten Majalengka tersebut. Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat Abdul Hadi Wijaya menyatakan, dalam lawatan ke BIJB Kertajati, pihaknya melakukan pertemuan dengan direksi BIJB Kertajati dan juga Angkasa Pura.

"Alhamdulillah secara teknis mereka sudah siap dan sudah dilakukan uji teknis persoalan dasar di landasan untuk bisa didarati dan diterbangi pesawat (boeing) 747 yang paling besar itu, dan tidak ada masalah serta sarana-sarana teknis lainnya sudah siap," terang Hadi dilansir dari prfmnews, Selasa (18/2/2020).

Disebutkan Hadi, rencananya kloter pertama embarkasi Jawa Barat akan terbang melalui BIJB Kertajati pada 26 Juni 2020.

Sebelum ditetapkannya BIJB Kertajati sebagai embarkasi haji, jemaah haji asal Jawa Barat biasanya melakukan penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Sebelum menuju Bandara Soekarno-Hatta biasanya para jemaah akan singgah dulu di asrama haji Bekasi.

Sedangkan kini, di sekitaran BIJB belum ada asrama haji. Pasalnya, asrama haji yang dibangun baru bisa selesai dan bisa digunakan pada 2021 mendatang.

"Jadi ini ada masa peralihan yang sedikit atau banyak yang membuat tidak nyaman, dan itu jadi catatan buat kita," tegasnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR