Satgas Citarum Harum Target Lakukan Pembibitan 1 Juta Pohon

Bandung Raya

Selasa, 18 Februari 2020 | 17:12 WIB

200218170308-satga.jpg

Engkos Kosasih

SATUAN Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Kabupaten Bandung menargetkan pembibitan tanaman keras dan pohon produktif di wilayahnya sebanyak 1 juta bibit. Pembibitan tanaman itu diharapkan dapat menghijaukan lahan kritis di wilayah Sektor 4/Majalaya dan daerah lainnya.

Lokasi pembibitan direncanakan di kawasan gudang pabrik PT. Triputra, Jalan Raya Laswi, Desa Biru, Kecamatan Majalaya. Pada tahap awal pelaksanaan pembibitan akan memanfaatkan lahan seluas 1 hektare dan untuk pengembangan seluas 2 hektare.

Pada rencana pelaksanaan pembibitan itu, Komandan Sektor 4 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf. Asep Nurdin didampingi Komandan Kompi (Danki) Sektor 4 Letda Arh. Dwi Iswantoro melakukan peninjauan ke lokasi, Selasa (18/2/2020). Menurut Asep, pelaksanaan pembibitan itu sesuai dengan petunjuk Wakil Komandan (Wadan) Satgas Citarum Harum/Pangdam III/Siliwangi, yaitu masing-masing sektor Satgas Citarum Harum untuk menindaklanjuti intruksi Presiden Joko Widodo dalam permasalahan banjir yang disebabkan lahan kritis.

"Atas dasar itu, Wadan Satgas Citarum Harum/Pangdam III/Siliwangi memerintahkan masing-masing sektor untuk membuat pembibitan pohon keras maupun pohon endemik selain pohon produktif," ujar Asep kepada wartawan di lokasi pembibitan.

Asep menambahkan, masing-masing sektor membuat lahan khusus pembibitan. Dalam pelaksanaannya, ia mengatakan, Sektor 4 Satgas Citarum Harum bekerjasama dengan pabrik PT Triputra.

Pihaknya akan mendatangkan bibit kayu keras, di antaranya dari Mitra Satgas Sektor 4 sebanyak 18.000 pohon berbagai jenis. Pihaknya juga akan membuat persemaian mulai jenis tanaman produktif berupa durian, mangga, nangka dan jenis pohon lainnya yang diperlukan untuk menutupi lahan kritis.

Sementara itu, perwakilan pabrik PT. Triputra, Zaenal Abidin mengatakan, pihaknya sangat mendukung program pembibitan yang dilaksanakan di kawasan perusahaannya oleh Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya tersebut.

"Kebetulan lokasinya belum ada rencana pembangunan, masih lahan kosong dan belum terpakai. Sehingga bisa digunakan untuk pembibitan dalam beberapa tahun kedepan, selain digunakan budidaya ikan. Kami sangat mendukung dengan adanya pemanfaatan lahan kosong ini untuk pembibitan pohon," tandasnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR