Kuli Bangunan Lewati Rekor 100 Meter Usain Bolt, India Yakin Kantongi Emas Olimpiade Tokyo

Ragam

Selasa, 18 Februari 2020 | 15:15 WIB

200218151515-kuli-.jpg

dailymail

Seorang pekerja konstruksi alias kuli bangunan dari India mendadak viral. Pria bernama  Srinivasa Gowda  diyakini telah memecahkan rekor sprint 100 meter dunia yang selama ini menjadi milik Usain Bolt. Tapi ia melakukannya  dengan bantuan dua kerbau.

Warga 28 tahun asal Karntaka itu menjadi manusia tercepat kala ikut ambil bagian  dalam kambala. Mirip karapan yang mengharuskan peserta berlari  lebih dari 100 meter sambil memegangi dua kerbau. Tepatnya peserta terlihat seperti “diseret” sang kerbau.

Tujuh tahun ikut kambala.

Moment of truth?

Srinivasa diyakini sebagai atlet alami.

Apa pun itu, catatan waktu  Srinivasa membuatnya trending topic. Bagaimana tidak, jika Bolt mencatatkan rekor Olimpiade-nya dengan kecepatan 9,58 detik pada 2009, sang kuli bangunan melalap jarak 100 meter dalam 9,55 detik.

Secara keseluruhan, Srinivasa hanya perlu 13,62 detik untuk total jarak 142,4 meter. Dikutip dari DailyMail belum lama ini, menyusul penampilan impresifnya yang disaksikan  ratusan warga, Srinivasa kabarnya bakal dipanggil untuk tes sprint nasional.

Langsung viral. (net)

Usain Bolt lewat?

Kepada Asia News International ia mengatakan, “Orang membandingkanku dengan Usain Bolt. Dia juara dunia, semantara aku hanya berlari di sawah yang berlumpur,” katanya.

Dukungan datang dari menteri pemerintahan Kiren Rijiu yang memosting foto Srinivasa dan bertekad kuli bangunan yang memiliki bakat atletik itu akan ditangani pelatih top India. “Ya @PMuralidharRao ji. Pejabat dari SAI telah menghubunginya. Tiket kereta api sudah beres,  dia akan tiba di pusat SAI  Senin ini.” Demikian cuitannya yang serta merta membuat netizen riuh.

Remember his name.

Dukungan mengalir untuk Srinivasa.

Kiren melanjutkan, “Aku akan memastikan pelatih nasional top melakukan penanganan dengan benar. Kami tim @narendramodi ji akan melakukan segalanya untuk mengidentifikasi bakat olahraga."

Menanggapi cuitan dan video aksi Srinivasa, tak sedikit netizen yang yakin India akan memenangi medali emas di Olimpiade Tokyo mendatang. “Pria ini pasti akan memberi kita medali emas Olimpiade!”, “Aksinya sangat super.. jika waktunya akurat, maka ini penemuan bakat yang hebat!"

Dari netizen hingga media nasional.

Sementara itu kepada BBC Hindi, Srinivasa mengaku telah berkompetisi di even tradisional kambala selama tujuh tahun. “Aku tertarik karena sejak kecil suka sekali menontonnya,” katanya. Pujian juga datang untuk dua kerbau yang menjadi andalan Srinivasa.

Namun badan pengelola kambala memperingatkan perbandingan Srinivasa dengan Bolt. Profesor K. Gunapala Kadamba, presiden Akademi Kambala mengatakan, “Kami tak ingin larut dalam perbandingan seperti ini." Menurutnya para pemantau atletik Olimpiade memiliki lebih banyak metode ilmiah dan peralatan elektronik yang lebih baik untuk mengukur kecepatan.

Tanggapannya datang setelah surat kabar ramai memberitakan geger pecahnya rekor Bolt oleh kuli bangunan. “Namanya Srinivasa Gowda (28) dari Moodabidri, Dakshina Kannada.

Dijanjikan penanganan pro.

Melalap lintasan 142,5 meter, ia hanya perlu 13,62 detik saat tampil pada kambala di sawah yang berlumpur. Seratus meter HANYA 9,55 detik! Usain Bolt pun butuh 9,58 detik untuk menempuh 100 meter. #Karnataka.”

Demikian salah satu paparan mengenai Srinivasa yang saat ini sepertinya tengah bersiap melakukan tes. Sedangkan kambala yang disukainya adalah olahraga tradisional yang berasal dari pantai Karnataka.

Peserta harus berlari cepat melalui jalur yang biasanya berjarak 132 – 142 meter dengan dua kerbau yang diikat menjadi satu. Seperti apa kiprah Srinivasa? Kita lihat saja! Tanpa kerbau tentu..



Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR