Disdukcapil Kabupaten Bandung Jemput Bola ke Pelosok Desa

Bandung Raya

Selasa, 18 Februari 2020 | 13:55 WIB

200218135651-disdu.jpg

dok

ilustrasi

ANTUSIAS masyarakat untuk memiliki identitas kependudukan, seperti e-KTP, akta kelahiran dan kartu keluarga (KK) di Desa Citaman Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung sangat tinggi. Hal itu diungkapkan Kepala Desa Citaman Abah Yayan Heryana kepada galamedianews.com di Desa Citaman, Selasa (18/2/2020).

Menurut Abah Yayan, tingginya antusias warga mengurus dan membuat identitas kependudukan itu, setelah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcasip) Kabupaten Bandung jemput bola dengan cara datang langsung menemui warga di Kantor Desa Citaman pada Senin (17/2/2020). Hal itu dalam upaya peningkatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

"Alhamdulillah dari Disdukcasip langsung hadir di Desa Citaman untuk melayani masyarakat dalam pelayanan identitas kependudukan. Di antaranya pelayanan e-KTP dan akta kelahiran," kata Yayan.

Dalam pelayanan jemput bola itu, ia mengatakan, sebanyak 200 warga langsung mendapatkan pelayanan identitas kependudukan.

"Sebenarnya yang hadir itu mencapai 300 warga untuk mendapatkan pelayanan identitas kependudukan. Tapi yang terlayani 200 warga, yakni 100 warga pelayanan e-KTP dan 100 akta kelahiran," katanya.

Ia mengatakan dalam pelayanan identitas kependudukan itu, sempat terkendala jaringan internet. Sehingga warga yang belum terlayani harus bersabar dan menunggu pelayanan lanjutan.

"Kita memperkirakan, warga wajib membuat identitas kependudukan, khususnya e-KTP mencapai lebih dari 1000 warga. 300 warga di antaranya ada warga pemula yang sudah menginjak usia 17 tahun wajib memiliki e-KTP," jelasnya.

Yayan sebagai orang nomor satu di desa mengatakan dengan adanya pelayanan jemput bola dari Disdukcasip  dengan cara datang langsung ke desa, bagi warga pemohon e-KTP sangat terbantu sekali.

"Soalnya dapat menghemat waktu dan jarak tempuh. Selain  itu menghemat anggaran transfortasi, yang sebelumnya harus pergi ke kantor kecamatan atau Kantor Disdukcasip di Soreang," tuturnya.


Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR