Lanud Suryadarma Gelar Pelatihan Survival Dasar

Daerah

Selasa, 18 Februari 2020 | 12:58 WIB

200218125930-lanud.jpg

Dally Kardilan

Danlanud Suryadarma Marsma TNI Wayan Sulaba saat melepas peserta “Surya Sakti”.

PANGKALAN TNI AU (Lanud) Suryadarma menggelar latihan survival dasar yang bersandi “Surya Sakti”. Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari dibuka secara resmi oleh Komandan Lanud (Danlanud)Suryadarma, Marsekal Pertama (Marsma) TNI I Wayan Sulaba di lapangan Dirgantara, Selasa (18/2/2020).

Pembukaan latihan ditandai dengan dentuman TNT serta pemasangan pita tanda peserta. Menurut Kepala Penerangan Lanud Suryadarma, Letkol Sus. Gerardus Maliti, jumlah peserta mencapai 123 personil terdiri dari perwira pertama gabungan dari Lanud Suryadarma, Skadron Udara.

“Selain itu juga ikut bergabung sebagai Komandan Latihan, Kolat Pendukung, Wasdal, penilai dan Pelatih dari Kompi Senapan C Batalyon 461 Paskhasau serta dari Wing Udara 8,“ ujarnya.

Danlanud Suryadarma Marsma TNI Wayan Sulaba menjelaskan kalau latihan Survival ini rutin dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan fisik dan mental awak pesawat agar mampu bertahan hidup sebelum adanya pertolongan.

“Latihan survival ini sangat berguna bagi para awak pesawat, bila pesawatnya berada di daerah musuh dan terjadi pendaratan darurat.  Dalam situasi darurat secara terbatas mereka harus mampu bertahan hidup dan menghindari musuh,” jelas Danlanud Suryadarma.

Marsma TNI I Wayan Sulaba mengakui kalau peserta yang dilibatkan tidak mengikutsertakan instansi lain termasuk pelajar seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini sebagaimana di atas untuk meningkatkan kemampuan fisik mental awak pesawat.

Adapun materi latihan diantaranya P3K, Potong Kompas dan baca peta, penggunaan GPS dan keterampilan lempar pisau, caraka malam dan pengenalan KSPT (Kerja Sama Dengan Pesawat Terbang), Droping Barang dengan Helli Box, Evakuasi Medis Udara (EMU), berbipak serta survival air.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR