Taklukkan PSS Sleman, Persib Optimistis Tatap Liga 1

Persib

Senin, 17 Februari 2020 | 19:17 WIB

200217191932-taklu.jpg

@Persib

TREN positif kembali diraih pada pertandingan persahabatan yang dijalani oleh Persib di rangkaian tur Jawa Tengah. Kali ini Maung Bandung mampu mengalahkan PSS Sleman dengan skor 2-0, pada laga yang berlangsung di stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (17/2/2020).

Dua gol untuk kemenangan Persib dicetak oleh Victor Igbonefo pada menit ke-20 dan penalti Wander Luiz menit ke-45. Sebelumnya, Pangeran Biru juga bisa meraih kemenangan di kandang Persis Solo juga dengan skor sama 2-0.

Dengan demikian, selama menjalani pertandingan persahabatan dan laga uji tanding yang dilakukan Persib di pramusim jelang Liga 1 2020, mereka mampu menyapu bersih kemenangan.

Selain PSS Sleman dan Persis Solo. Supardi Nasir dan kawan-kwan juga sebelumnya bisa mengalahkan Melaka United, Barito Putera, PSKC Cimahi, dan Persib U-20. Selepas dijamu PSS Sleman, Persib akan ditantang PSCS Cilacap, di Stadion Wijayakusuma, Cilacap, dan Tira Persikabo di stdaion Pakansari, pada tanggal 21 dan 22 Februari mendatang.

Bagi Persib, sebagaimana ditulis wartawan "PR" Irfan Subhan, pertandingan tersebut akan menjadi rangkaian penutup laga persahabatan yang dijalaninya di masa pramusim. Setelah itu Maung Bandung akan mulai menjalani rangkaian pertandingan di kompetisi Liga 1 2020 pada tanggal 1 Maret saat menjamu Persela Lamongan di Stadion Si Jalak Harupat.

Pada pertandingan melawan PSS Sleman, pelatih Persib Robert Alberts kembali melakukan strategi berbeda dimana di barisan belakang mereka kembali menurunkan duet bek tengah Victor Igbonefo dan Nick Kuipres dibantu Ardi Idrus dan Zalnando.

Sementara di lini tengah Persib mempercayakan Omid Nazari, Dedi Kusnandar, Frets Butuan dan Esteban Vizcarra. Di barisan depan, duet Wander Luiz dan Geoffrey Castillion kembali menjadi andalan Persib.

Serangan cepat
Sejak kick off, kedua tim tampil terbuka. Namun, peluang yang tercipta masih belum kunjung berbuah gol. Upaya Persib dan PSS mencetak gol mampu dipatahkan oleh barisan pertahanan.

Igbonefo baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-21. Berawal dari sepak pojok yang dilakukan Frets Butuan, Igbonefo dengan sempura menyundulnya ke gawang PSS Sleman dan gagal dijangkau kipernya Alexander skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan Persib.

Meski bermain tanpa penonton, PSS Sleman mencoba untuk menekan Persib melalui serangan cepat yang dibangun dari sayap kanan. Namun, alih-alih bisa mneyamakan kedudukan, justru Persib bisa menambah keunggulan beberapa menit menjelang babak pertama usai.

Pemain asing PSS Sleman Alfonso de la Cruz melakukan pelanggaran kepada Wander Luiz di kotak terlarang. Striker asal Brasil itu menyelesaikan tugasnya menendang penalti untuk mengoyak gawang PSS pada menit ke-45 skor 2-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, PSS sleman mulai bangkit dan langsung melakukan tekanan. Hal tersebut membuat pertahanan Persib cukup kewalahan untuk menghalau bola dari serangan pemain lawan.

Meski mendapat serangan bertubi-tubi dari tim tuan rumah, para pemain persib mampu bermain tenang. Bahkan di menit ke-71, Beckham Putra Nugraha mampu menciptakan peluang emas. Namun, sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir skor 2-0 untuk keunggulan Persib tidak berubah.

Pelatih Persib, Robert Alberts mengatakan, secara permainan dirinya mengkau cukup puasa karena tim mengalami peningkatan dibandingkan saat menjalani pertandingan sebelumnya.

"Ini seperti layaknya laga uji coba, kedua tim bermain dengan bagaimana standar yang dicari. Secara keseluruhan kami dapat kesan yang bagus, Sleman juga tim yang bagus dan pemain mereka mempunyai kemampuan individual, tapi saya pikir kami bisa menguasai permainan," tuturnya sesuai pertandingan.

Pelatih asal Belanda tersebut menambahkan, timnya mulai bisa bermain stabil dan minim melakukan kesalahan yang tidak perlu. Bahkan para pemain semakin paham apa saja tugas yang mereka harus lakukan.

"Saya pikir kondisinya kami sudah melewati pramusim dengan baik, bisa bermain dengan tempo yang lebih tinggi tapi kami masih punya dua pekan untuk bisa terus mematangkan itu. Mengasah di latihan dengan intensif, bagaimana pergerakan bola di dalam pertandingan dan kami juga bisa bermain stabil 90 menit," katanya.

Robert mengatakan, komposisi pemain yang diturunkan belum sepenuhnya menjadi gambaran untuk formasi yang akan diturunkan untuk Liga 1 musim ini. Dirinya masih melihat sejauhmana kemampuan serta perkembangan pemain yang dicapai sebelum dimulainya Liga 1.

"Kami masih menganalisa starting eleven musim ini dan ini masih belum pemain inti yang tetap. Karena Febri masih berada di tim nasional, seperti halnya Irfan (Bachdim) juga yang ada di tim nasional. Tapi kami semakin dekat untuk bisa memastikan siapa pemain inti musim ini. Tapi ini bukan hanya soal bagaimana memainkan sepak bola yang bagus tapi juga karakter mereka di lapangan dan mentalitas, kadang itu lebih penting di sepak bola," tutur Robert.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR