Dukung Program Kampus Merdeka, ACC Jalin Kerja Sama dengan Universitas Parahyangan

Bandung Raya

Senin, 17 Februari 2020 | 16:49 WIB

200217164614-dukun.jpg

Rio Ryzki Batee

KAMPUS Merdeka merupakan salah satu program yang tengah digaungkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud), Nadiem Makarim. Program itu merupakan salah satu inovasi dalam meningkatkan mutu dan kualitas mahasiswa di perguruan tinggi. 

Dalam mendukung program tersebut, Astra Credit Companies (ACC) melaksanakan program magang bagi mahasiswa melalui "ACC on The Go". Program magang tersebut, akan menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis, perkembangan zaman dan keilmuan.

"Program magang ACC diharapkan dapat mendukung salah satu poin dalam Kampus Merdeka yang didengungkan oleh Mendikbud, Nadiem Makarim. Untuk mencetak profesional muda yang siap bekerja, melalui pengalaman langsung magang di perusahaan," ungkap EVP Human Capital ACC, Christina Dian usai Penandatanganan Kerja Sama Pendidikan di Universitas Parahyangan (Unpar), Jln. Ciumbeleuit, Kota Bandung, Senin (17/2/2020).

Menurutnya, pada tahun 2020 ini program tersebut akan diadakan di universitas-universitas yang tersebar di 10 kota di Indonesia. ACC sebagai salah satu perusahaan pembiayaan otomotif yang terbesar di Indonesia, berupaya memberikan perhatian lebih kepada dunia pendidikan. 

"Kegiatan ACC On The Go ini merupakan wujud nyata dari salah satu pilar Catur Dharma Astra, yaitu menjadi aset yang bermanfaat bagi bangsa dan negara," katanya.

Dian menjelaskan, melalui program pemagangan ini, memberikan penekanan pada program-program pengembangan kompetensi kerja mahasiswa sejak dini. Salah satunya dengan sudah menjalankan 2 batch khusus pemagangan untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi UNPAR, sejak 2018 lalu.

"Program ini adalah bagian dari ACC Starship, para peserta magang akan mendapatkan pengalaman melakukan pekerjaan profesional harian, menelaah dan menganalisa permasalahan bisnis. Sampai dengan mengusulkan solusi kreatif untuk memecahkan permasalahan," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Parahyangan, Mangadar Situmorang menerangkan,  program magang dibutuhkan oleh para mahasiswa, terutama terkait pengalaman langsung dunia kerja.

"Ini sangat penting, terutama bagaimana kita melihat lulusan kita untuk tingkat employability skills (kemampuan mendapatkan atau mempertahankan pekerjaan)," ucapnya.

Ia berharap melalui program pemagangan tersebut maka dapat memberikan dampak positif kepada mahasiswa. Sehingga ketika dihadapkan pada dunia kerja, menjadi lebih inovatif dan kreatif.

"Dengan sudah adanya adaptasi dan pemagangan, maka ini bisa jadi modal utama para mahasiswa mendapatkan pekerjaan, melalui inisiatif dan kreativitasnya," tambahnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR