Disdukcapil Kota Bandung Cetak 102 Ribu KTP-el

Bandung Raya

Senin, 17 Februari 2020 | 16:00 WIB

200217160057-disdu.jpg

dok

ilustrasi

DINAS Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung memenuhi targetnya dalam mempercepat tercetaknya 102 ribu Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) pada 15 Februari lalu. Ratusan ribu KTP-el yang dicetak itu telah disebar ke setiap kecamatan untuk selanjutnya didistribusikan oleh RT dan RW.

"Kami telah menuntaskan percepatan pencetakan KTP-el bagi PRR (print ready record), pemegang Suket (Surat Keterangan) sebanyak 102.000 keping," ungkap Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Popong Nuraeni di Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, Kota Bandung, Senin (17/2/2020).

Menurutnya, terkait pencetakan KTP-el di setiap kecamatan sudah tuntas, kecuali yang baru merekam, hilang, rusak dan mengganti elemen data. "Dalam satu mingu terakhir di luar dari 102 ribu keping tersebut, akan diselesaikan minggu ini," ujarnya.

Dikatakannya, masyarakat Kota Bandung dapat mengecek status pencetakan KTP-el dengan membuka menu "pencetakan KTP-el" pada website Disdukcapil Kota Bandung.

Popong menjelaskan, pemohon dapat melihat daftar KTP-el sesuai dengan domisili Kecamatan dan Kelurahan masing-masing. Jika sudah mengetahui status pencetakan KTP-el, pemohon dapat mendatangi kecamatan domisili masing-masing untuk mengambil KTP-elnya.

Sementara itu, khusus untuk masyarakat pemohon yang melakukan perekaman di Gerai untuk Pelayanan Istimewa (Geulis) Festival Citylink maupun BTC Fashion Mall, dapat mengambilnya di lokasi Geulis sesuai tempat perekaman.

"Masih ada sekitar 12 ribu penduduk yang tersebar di seluruh kecamatan yang belum melakukan perekaman. Dari jumlah di antaranya usia pemula 17 tahun," ucapnya.

Ia mengimbau bagi masyarakat pemula yang belum melakukan perekaman, untuk segera melakukannya di kecamatan sesuai domisili masing-masing. Termasuk di Geulis yang berada di Festival Citylink atau BTC Fashion Mall.

"Selain itu, warga juga bisa mendatangi program Mepeling (memberikan pelayanan keliling) yang sudah terjadwal. Warga bisa mengetahui jadwal Mepeling melalui media sosial disdukcapil Kota Bandung," tambahnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR