Bangunan SDN 2 Gunung Bentang Jebol Diterjang Banjir

Bandung Raya

Senin, 17 Februari 2020 | 15:20 WIB

200217152049-bangu.jpg

Cecep Wijaya/"PR"

BANGUNAN ruang kepala sekolah dan unit kesehatan sekolah SDN 2 Gunung Bentang di Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabaupaten Bandung Barat jebol akibat banjir pada Minggu (16/2/2020) sore. Akibatnya, pada Senin (17/2/2020) ini, tidak ada kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut karena areal sekolah tergenangi lumpur sisa banjir.

Sejumlah guru dan siswa pun membersihkan lumpur sisa banjir di areal sekolah. Lumpur bahkan masuk ke ruang kelas II dan III sekolah tersebut, sehingga tidak bisa digunakan untuk KBM.

Kepala SDN 2 Gunung Bentang, Dede Marfuah mengatakan, banjir di areal sekolah diketahui pertama kali oleh penjaga sekolah pada Minggu sore. "Katanya, air sudah setinggi lutut dan ruang UKS dan kepala sekolah jebol terkena banjir," katanya.

Menurut dia, banjir tersebut berasal dari saluran di bagian atas yang bercampur dengan pasir. Posisi sekolah tersebut memang berada di cekungan, sehingga menjadi titik kumpul air.

Dede menuturkan, ini pertama kalinya banjir melanda sekolah tersebut hingga mengakibatkan beberapa ruangan jebol dan terendam lumpur. "Sebelumnya, ada saluran air, tetapi sejak ada benteng sekolah, jadi tidak ada lagi saluran air," jelas dia seperti ditulis wartawan "PR", Cecep Wijaya.

Akibat dampak banjir, pada Senin (17/2/2020), tidak ada KBM di sekolah tersebut. Para siswa terpaksa ditugaskan untuk belajar di rumah lantaran sekolah tidak memungkinkan untuk digunakan kegiatan belajar mengajar.

Setelah kejadian itu, lanjut dia, pihak Dinas Pendidikan setempat sudah memantau lokasi. Rencananya, akan dibuatkan saluran air untuk mencegah kembali terjadinya banjir ke areal sekolah.

"Untuk ruang kelas, memang masih bisa djgunakan, tinggal dibersihkan lumpurnya. Namun untuk ruang UKS dan kepala sekolah tidak bisa digunakan karena jebol. Paling numpang dulu di ruang guru," pungkasnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR