Usai Diobservasi, Sembilan Warga Jabar Dipastikan Pulang ke Rumah Masing-masing

Bandung Raya

Sabtu, 15 Februari 2020 | 20:09 WIB

200215201059-usai-.jpg

@BNPB_Indonesia

SEMBILAN warga asal Jawa Barat yang diobservasi di Pulau Natuna Kepulauan Riau sudah diantarkan pulang ke rumah masing-masing melalui fasilitasi pemerintah provinsi Jawa Barat. Kesembilan warga Jabar yang mayoritas mahasiswa dan satu pekerja itu dalam kondisi sehat dan tentunya negatif dari Covid-19 itu pulang bersama 229 warga Indonesia lainnya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/2/2020) petang.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan Pemprov Jabar mendampingi sembilan warga asal Jabar untuk sampai ke daerah asalnya. Pihaknya telah menyiapkan kendaraan untuk mengantar sembilan warga Jabar tersebut.

“Pemprov Jabar menyambut gembira, warga negara Indonesia yang diobservasi di Natuna negatif terpapar dari Covid-19, semuanya dinyatakan sehat. Kami sudah menyiapkan penjemputan dengan kendaraan berkoordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten/kota untuk mengantar sembilan orang asal Jabar dari Jakarta ke rumah masing-masing,” kata Ridwan pada Humas Jabar di Sumedang.

Kementerian Kesehatan menyatakan, dari proses observasi selama 14 hari terhadap 238 WNI di Natuna, semuanya sehat. Mereka direncanakan diterbangkan dari Natuna ke Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta.

Pewarta PR, Novianti Nurullah melaporkan, Pemprov Jabar telah menyiapkan penjemputan di Bandara Halim Perdanakusuma, selanjutnya mengantar sembilan warga asal Jabar itu ke daerah asalnya.

“Semoga semuanya lancar sampai tujuan. Kita doakan bersama pula Indonesia dijauhkan dari masalah ini,” ujar dia

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Berli Hamdani Gelung Sakti mengatakan, semuanya warga Jabar dari Natuna telah diantar ke alamat masing-masing sesuai permintaan warga saat itu.

"Semuanya dalam keadaan sehat walafiat Semua orang bahkan mungkin seluruh dunia menyaksikan melalui media televisi, bahkan WNI pasca karantina semuanya ceria-ceria. Kemudian keluarga yang menjemput pun semuanya mengatakan optimis dan yakin anggota keluarga mereka sehat walafiat. Bukan hanya bebas infeksi Covid-19," tutur Berli.

"Waktu petugas Dinkesprov bertanya, semua merasa nyaman di Natuna. Dan pasti lebih berbahagia lagi karena bisa berkumpul dengan keluarga di tanah air dalam keadaan sehat walafiat, " kata Berli melanjutkan.

Selanjutnya, Dinkesprov bersama dengan seluruh Jajaran Kesehatan Jabar dan steakholders terkait akan melakukan pemantauan pro aktif antisipasi COVID-19 ini.

"Semoga tidak ada warga Jabar bahkan Indonesia yang terkena penyakit ini, " Kata dia.

Bagi warga masyarakat lainnya, lanjut dia, tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi.

"Terpenting mari kita sama-sama berperilaku hidup bersih dan sehat. Serta berupaya positif menjaga kesehatan," tuturnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR