Atasi India, Indonesia Tantang Malaysia di Final Badminton Asia Team Championships 2020

Sport

Sabtu, 15 Februari 2020 | 19:28 WIB

200215192926-atasi.jpg

ist

Hendra/Muhamad Ahsan

TIM putra Indonesia harus kerja keras sebelum akhirnya merebut tempat di partai puncak Badminton Asia Team Championships 2020. Indonesia hanya menang tipis atas India 3-2 di babak semifinal yang berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Sabtu (15/2/2020).

Indonesia memenuhi target untuk bisa mendapat babak final. Sama dengan pencapaian minimal dua tahun lalu. Indonesia tinggal selangkah lagi untuk mempertahankan gelar juara sebagai yang terbaik di Asia.

Di partai final, Hendra Setiawan dkk. akan menghadapi  Malaysia. Malaysia tampil luar biasa di babak "4 Besar" karena mampu menunjukkan Jepang dengan kemenangan telak 3-0.

Melihat peluang, kesempatan Indonesia 50-50. Bila melihat "head to head", Indonesia bisa mengambil kesempatan di tunggal pertama. Anthony Ginting sejauh ini masih unggul 1-0 atas Lee Zii Jia.

Sedangkan ganda pertama, pasangan nomor satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon sejauh ini sukses mengatasi Aaron Chia-Soh Wooi Yik tanpa terkalahkan, dan sisanya peluangnya masih berimbang.  

Wartawati PR, Wina Setyawatie melaporkan, Indonesia dibuat ketat-ketir oleh India. Muka Indonesia akhirnya terselamatkan oleh ganda nomor satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon yang akhirnya merebut poin penentuan untuk kemudian menang 3-2.

Menang segalanya, Kevin-Marcus tanpa kesulitan mengatasi pasangan gado-gado India Lakshya Sen-Chirag Shetty. Mereka menang telak 21-6, 21-13.

India tidak menurunkan ganda terbaiknya di kejuaraan ini, Satwiksairaj Rankireddy-Chirag Shentty. Shetty sejak babak penyisihan selalu dipasangkan dengan pemain tunggal. Begitu juga di laga ini. Sen juga merupakan pemain tunggal.

Di awal, India memberikan poin pertama bagi Indonesia secara cuma-cuma setelah tunggal pertamanya Sai Praneeth menyatakan mundur karena cedera di awal gim kedua. Anthony Sinisuka Ginting pun mendapatkan kemenangan WO (walk out). Sebelumnya gim pertama menjadi miliki Anthony dengan kemenangan 21-6.

Sayang, Indonesia harus kehilangan poin setelah di partai kedua, Jonatan Christie kandas di tangan Lakshya Sen. Performa tunggal peringkat 7 dunia tersebut tidak sesuai harapan, dia pun kalah dua gim langsung 18-21, 20-22.

Setelah kehilangan gim pertama, Jonatan mencoba bangkit di gim kedua. Sejak awal permainan sengit ditunjukan kedua pemain. Hanya saja, banyaknya pukulan Jonatan yang tidak akurat justru memberikan keuntungan bagi lawan. Dia pun juga belum bisa memanfaatkan dua kesempatan saat adu setting, dua pengembaliannya gagal melewati net.

Beruntung di partai ketiga, ganda senior Indonesia Hendra/Muhamad Ahsan bisa mengatasi pasangan M.R Arjun-Dhruv Kapila meski harus kerja keras tiga gim yang berakhir 21-10, 14-21, 23-21. Sesuai prediksi, India yang semakin kuat sektor gandanya benar-benar memberikan perlawanan.


Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR