Baru Sebulan di Awal 2020, Kredit bjb Mesra Tersalurkan Rp8,1 Miliar

Daerah

Sabtu, 15 Februari 2020 | 17:11 WIB

200215171233-setah.jpg

H. D. Aditya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Direktur Utama bank bjb dan Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb Suartini bersama pimpinan bank bjb usai acara "Sapa Warga" di Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang, Sabtu (15/2/2020).

SETAHUN setelah peluncurannya, program bjb Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) berkembang pesat dengan berbagai inovasi dan perluasan jangkauannya. Selama Januari 2020, dana sebesar Rp 8,1 miliar telah tersalurkan kepada masyarakat.

"Tahun ini kita siapkan dana sebesar Rp33 miliar untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat di Jabar" kata Direktur bank bjb Yuddy Renaldi bersamaan dalam kegiatan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil pada acara "Sapa Warga" di Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang, Sabtu (15/2/2020).

Yuddy mengungkapkan, hingga Januari kredit bjb Mesra telah disalurkan kepada 202 rumah ibadah, 383 kelompok, 2.802 orang, 105 kecamatan, 16 kabupaten, 6 kota.

"Hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa dalam 1 tahun, program ini telah membantu warga Jabar untuk menjadi Juara Lahir Bathin, warga Jabar yang tidak mampu kini telah menaikkan taraf hidupnya melalui kredit yang diterima," katanya.

Ia menyebutkan, tahun 2020 bjb Mesra juga akan diberikan bagi penyandang disabilitas.

"Tentunya hal ini sangat membahagiakan dan membanggakan bahwa seluruh masyarakat di Jabar kini mendapat akses yang lebih mudah untuk memberdayakan diri melalui fasilitas yang diberikan salah satunya melalui program bjb Mesra ini,” katanya.

Untuk memperluas akses penyaluran bjb Mesra, khususnya bagi penyandang disabilitas, bank bjb melakukan kerjasama dengan Fatayat dan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia. Mereka bergerak dalam pemberdayaan UMKM kepada penyandang disabilitas.

Sementara itu, Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb Suartini, Ketua PW Fatayat Jabar Hirni Zafa Hazefa, dan Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Kustina melakukan penandatanganan MoU.

Selain itu dilakukan juga penyerahan apresiasi kepada DKM Al Mutaqin Kec. Cimalaka Kab. Sumedang sebagai DKM yang mampu mengelola kredit bjb Mesra dengan baik.  

Dalam kegiatan ini juga disampaikan secara simbolis penyerahan bantuan CSR bank bjb di sektor lingkungan melalui kegiatan Penataan Pantai Buricak Burinong Desa Pakualam dan Bantuan untuk Kampung Kaos Kaki.

Penataan Pantai Buricak Burinong ini untuk memanfaatkan potensi alam sehingga keberadaannya dapat memberi nilai lebih, meningkatkan nilai perekonomian masyarakat sekitar serta membantu pemerintah dalam mewujudkan desa yang indah dan memiliki daya tarik wisatawan. Ini untuk memacu mewujudkan desa yang maju di sekitar Waduk Jatigede.

Sedangkan penyerahan bantuan CSR bank bjb untuk Kampung  Kaos Kaki merupakan bentuk kontribusi bank bjb untuk menstimulus dan juga merupakan bentuk peran aktif dalam menumbuhkan sentra ekonomi masyarakat. Bantuan yang berlokasi di Desa Cikondang Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang berupa 6 unit mesin pembuat kaos kaki.


Semakin ngebut

Dalam kesempatan itu Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memuji sekaligus berharap agar program Kredit Mesra bank bjb bisa semakin "ngebut."

"Kredit Mesra bjb ini harus lebih ngebut lagi. Agar pembangunan dan peningkatan  ekonomi, khususnya di seluruh desa di Jabar semakin baik dan cepat," katanya.

Emil mengatakan, tahun ini program Kredit Mesra bjb harus didukung penuh seluruh instansi pemerintah dan terkait, agar paling tidak ada satu masjid di satu desa di seluruh Jabar yang melakuan MoU untuk kerja sama dengan program kredit mesra.

Seperti diketahui bersama, program pinjaman tanpa bunga dan agunan Kredit Mesra ini bisa diperoleh di tempat-tempat ibadah,  termasuk di masjid.

Program bjb yang punya semangat untuk mewujudkan Jabar Juara Lahir dan Batin ini telah berlangsung selama satu tahun.

Menjawab anjuran Emil, Direktur Utama  bank bjb, Yuddy Renaldi mengungkapkan bank bjb sudah siap dalam mewujudkan satu desa satu masjid program Kredit Mesra bjb.  

"Kita sudah siap secara infrastruktur, namun askselarasinya memang harus ditingkatkan. Networking dengan pengurus DKM juga harus ditingkatkan," ujarnya.

Yuddy menambahkan selama setahun, Kredit Mesra bjb  telah berjalan dengan baik dan membantu kemajuan pertumbuhan ekonomi di Jabar.

Sementara itu, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengucapkan terima kasih kepada bjb yang telah membantu laju pertumbuhan ekonomi di wilayahnya.

"Alhamdulillah. Terima Kasih kepada bank bjb juga terutama yang telah membantu pengembangan ekonomi di wilayah Sumedang lewat Kredit Mesra bjb," katanya.

Bupati mengklaim keberadaan rentenir di Kab. Sumedang tak laku seiring kehadiran koperasi syariah. Sehingga ia beharap, koperasi syariah bisa terus berkolaborasi dengan bank bjb, khususnya melalui Kredit Mesra bjb.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR