Pemkab Garut Siapkan Anggaran Rp 10 Miliar untuk Atasi Banjir di Perkotaan

Daerah

Jumat, 14 Februari 2020 | 19:40 WIB

200214194120-pemka.jpg

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Garut menyiapkan anggaran sebesar Rp10 miliar dari APBD tahun 2020 untuk mengatasi permasalahan banjir yang disebabkan drainase buruk di kawasan perkotaan Garut.

"Kami anggarkan Rp10 miliar untuk penataan drainase di perkotaan," kata Bupati Garut, Rudy Gunawan, Jumat (14/2/2020).

Ia menambahkan, Kabupaten Garut seperti wilayah perkotaan masih dihadapi dengan persoalan banjir akibat drainase yang buruk, atau terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung debit air saat turun hujan deras.

Persoalan banjir di perkotaan itu, tambah dia karena curah hujan yang tinggi dan berlangsung lama sehingga air dari drainase meluap ke jalan dan menyebabkan genangan di jalan.

"Drainase meluap itu karena curah hujannya tinggi tapi yang penting tidak banjir bandang saja," ujarnya.

Ia mengungkapkan, persoalan banjir yang disebabkan drainase buruk itu tidak semuanya bisa diatasi oleh Pemkab Garut, sebagian wilayah di Garut kewenangannya ada di provinsi.

Ia menyebutkan, seperti banjir di jalan raya Bandung-Garut wilayah Leles, kemudian di daerah Sigobing yang kewenangan untuk mengatasinya oleh Pemerintah Provinsi Jabar.

"Jadi ada beberapa daerah yang tak bisa sama kami, karena ranah provinsi seperti di Sigobing," katanya.

Ia berharap, persoalan banjir di wilayah kewenangan provinsi dan Kabupaten Garut dapat secepatnya diatasi sehingga tidak lagi mengganggu aktivitas warga dan arus lalu lintas kendaraan.

"Bertahap saja, semua drainase akan diperbaiki," lanjutnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR