Warga Cineam Tasikmalaya Temukan Granat Nanas, Diduga Peninggalan DI/TII

Daerah

Jumat, 14 Februari 2020 | 18:08 WIB

200214180127-warga.jpg

Septian Danardi

GRANAT Nanas ditemukan warga di kebun milik Oman di Dusun Cigalagah RT 14/RW 04, Desa Cikondang, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya. Penemuan tersebut menggegerkan warga karena tersiar informasi jika granat itu merupakan peninggalan DI/TII.

Ade Wendi (17) yang menemukan granat tersebut mengatakan, saat itu dirinya sedang mencari kemiri dilokasi kebun. Granat tergeletak begitu saja diatas tanah hanya tertutup dedaunan yang kering.

"Dikira itu kemiri. Tapi pas mau diambil terlihat ada karatnya," kata Wendi, Jumat (14/2/2020).

Diakui Wendi, ketika itu dirinya langsung memberitahukan temuan kepada aparat. Sebab, ia khawatir granat akan meledak jika diambil.

Danramil 1210/Cineam, Kapten Inf. Suryana menyebutkan, setelah mendapat informasi tersebut pihaknya kemudian menindak lanjuti untuk mengecek dan melokalisir daerah penemuan granat.

Pihak TNI dengan perangkat Desa Cikondang dan masyarakat, kata Suryana, langsung menyisir demi keamanan serta keselamatan di sekitar lokasi penemuan granat tersebut.

"Koramil 1210/Cineam dan dibantu aparat keamanan setempat serta masyarakat Dusun Cigalagah, melaksanakan evakuasi benda yang diduga granat nanas itu untuk diamankan dan melaporkan ke Komando Atas," katanya.

Menurutnya, pengamanan granat nanas ini adalah sebagai bentuk cepat tanggap menyikapi informasi dari masyarakat. Hal ini agar tidak menimbulkan yang tidak diinginkan. "Granat nanas masih disimpan sementara di Koramil Cineam, dan dalam proses pelaporan ke Komando Atas," katanya.

Pihaknya mengimbau masyarakat apabila menemukan hal yang sama, agar segera dilaporkan kepada aparat keamanan setempat.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR