Akses Jalan Lumpuh, Sejumlah Rumah Madrasah dan Masjid Terancam Tergusur

Daerah

Kamis, 13 Februari 2020 | 19:55 WIB

200213195809-akses.jpg

Septian Danardi

Sejumlah rumah warga di dua RT di Kampung Kerenceng Desa Sukabakti Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya, terancam tergusur.

JALAN Cigugur Desa Sukabakti, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, tertutup longsor, Kamis (13/2/2020). Akibat akses tersebut tertimpa material tanah longsor, aktifitas warga terganggu.

Longsor tersebut akibat tebing penyangga jalan tanahnya labih lalu diguyur hujan deras yang terus menerus hingga berjam-jam sejak siang hari. Tidak ada korban dalam peristiwa itu, namun jalur tertutup dan warga harus memutar arah jika akan melakukan aktifitas ke kampung tetangga.

Salah satu warga Mustofa (34) memgatakan, material tanah menimpa Jalan Cigugur, sehingga jalan akses menuju Desa Sukabakti tertutup total. Warga harus memutar melewati jalan setapak jika hendak ke Sukabakti. "Saat kejadian hujan sangat deras, selain itu hujan yang turun cukup lama, sehingga air hujan menggerus tanah tebing dan akhirnya ambruk," katanya.

Babinsa Sukabakti, Koramil 1223/Sodonghilir Pelda Hadi H mengatakan, tanah longsor yang terjadi di Desa Sukabakti, Kecamatan Sodonghilir, Kamis (13/2/2020) sekitar pukul 17.40 WIB tepatnya di Kampung Kerenceng RT 01, RT 02 RW 05, Desa Sukabakti.

Dampak dari kejadian tersebut yakni Jalan akses Desa Sukabakti - Cukangjayaguna terancam tergusur, Madrasah dan Mesjid terancam tergusur longsor. 4 unit rumah terancam tergusur milik Tasdik, Eti, Juli dan Popon.

Selain itu, 4 unit rumah tertimpa material longsor yakni rumah milik Patah, Muslihadin, Cepi Irawan dan Abdul Hak,

Akibat longsor juga 4 unit rumah terancam tertimpa material tanah yaitu rumah milik Ating, Dayat, Esih dan Ibu Omah.

"Kerugian masih dikonfirmasi," katanya.

Dikatakannya, Babinsa dan Perangkat Desa berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Tasikmalaya serta menghimbau kepada warga untuk tetap waspada mengingat curah hujan yang sangat lebat.

Selain itu menghimbau warga yang terdampak oleh longsoran tanah, agar sementara waktu untuk mengungsi dulu ketempat yang lebih aman, mengingat curah hujan masih deras.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR