Pasien Positif Virus Corona dari Cina Sempat Berlibur di Bali

Dunia

Kamis, 13 Februari 2020 | 13:47 WIB

200213134808-pasie.jfif

SEORANG warga Cina yang berlibur ke Bali pada akhir bulan lalu ternyata diketahui terinfeksi virus Corona. Pasien positif virus Corona galur Covid-19 itu dikonfirmasi oleh otoritas Provinsi Anhui, Cina.

Diberitakan Strait Times, hal tersebut awalnya beredar lewat media sosial Weibo bahwa Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Huainan (CDC) menyebutkan pada 5 Februari 2020, warga dengan marga Jin itu terbang dengan menggunakan Lion Air JT2618 dari Wuhan ke Bali. Dia berangkat dari Wuhan pada 22 Januari 2020.

Wuhan adalah kota awal menyebarnya virus Corona baru. Sementara hingga saat ni belum satu pun ditemukan kasus virus Corona baru di Indonesia. Dilaporkan, warga Cina terinfeksi virus Corona itu berlibur di Bali sekitar sepekan.

Dia kemudian kembali ke negaranya pada 28 Januari 2020 dengan menggunakan penerbangan Garuda Indonesia GA858 dari Bali ke Shanghai,demikian vivanews
Kamis (12/2/2020).

Pasien tersebut dipastikan terinfeksi virus Corona pada 5 Februari 2020 oleh otoritas setempat. Hal itu diumumkan melalui laman resmi Huainan CDC.

"Bagi para penumpang yang ada di penerbangan terkait harap melakukan mekanisme standar yang seharusnya," akun resmi CDC di Weibo mengeluarkan pengumuman.

Lebih lanjut, "Diharapkan tidak melakukan perjalanan terlebih dahulu untuk sementara dan apabila mengalami gejala demam segera memeriksakan diri ke rumah sakit," kata pernyataan tersebut.

Sementara Dirjen Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihanto mengatakan, pihaknya belum mendapatkan laporan resmi mengenai pasien Cina akibat virus Corona tersebut. Oleh karena itu informasi ini masih harus diverifikasi lebih lanjut.

Editor: Rosyad Abdullah

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR