Dinas dengan Pesawat, ASN Pemprov Jabar Wajib Beli Tiket Lewat Aplikasi Online

Bandung Raya

Kamis, 13 Februari 2020 | 09:14 WIB

200213091630-dinas.jpg

dok

ilustrasi

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat melalui Biro Pengadaan Barang dan Jasa menjalin kerja sama dengan empat aplikator penyedia jasa tiket online. Keempat aplikator tersebut yaitu Tiket.com, Traveloka, Aerotravel dan Voltras.

Lewat kerja sama ini, Aparatur Sipil Negara yang akan melakukan perjalanan dinas dalam negeri maupun luar negeri wajib membeli tiketnya dari salah satu aplikator tersebut.

Kepala Biro Pengadaan dan Jasa Setda Jabar Ika Mardiah mengatakan, penerapan inovasi di sektor pengadaan jasa untuk perjalanan dinas ini merupakan arahan dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Pihaknya akan menerapkan mulai tahun ini. Sedangkan penandatanganan kerja samanya akan dilaksanakan pertengahan Februari ini.

“Nanti secara teknis penandatanganan kerjasama oleh Pak Sekda,” ujar Ika kepada wartawati PR, Novianti Nurulliah, Rabu (12/2/2020).

Menurutnya, selain murah, penerapan tiket online tersebut akan terjadi efisiensi. Ika mencatat tahun lalu anggaran perjalanan dinas seluruh dinas di Pemprov Jawa Barat mencapai Rp37 miliar.

“Sekarang tiket pesawat bisa pilih yang mana saja dari penyedia jasa online yang lebih murah,” tuturnya.

Keuntungan kedua adalah transparansi. Penyedia jasa yang bekerja sama juga memberikan data untuk dipantau pihaknya agar terhindar dari modus penyalahgunaan perjalanan dinas.

“Ada yang pesan tiket pesawat tapi tidak berangkat, tapi boarding passnya itu ada. Ini untuk menghindari hal-hal seperti itu,” katanya.

Ika menjelaskan, teknis pembelian tiket online ini nantinya setiap organisasi perangkat daerah akan memiliki akun tersendiri di setiap penyedia jasa. Saat memesan tiket, ada fitur untuk memasukan surat tugas sebagai bukti perjalanan dinas ASN.

“Nama booker dan issued juga beda,” ujar Ika.

Terobosan ini menurut Ika terbilang progresif mengingat provinsi lain belum menggunakan layanan online sebagai basis pembelian tiket perjalanan dinas.

“Jawa Barat menjadi  provinsi yang pertama menggunakan aplikasi online untuk pembelian tiket pesawat online,” tuturnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR