Pemprov Jabar Bakal Bantu Pemulangan Warganya yang Dikarantina di Natuna

Bandung Raya

Kamis, 13 Februari 2020 | 09:06 WIB

200213090740-pempr.jpg

@KemenkesRI

SEIRING dengan masa inkubasi virus Corona atau Covid-19 dalam waktu dekat memasuki masa 14 hari, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersiap untuk mendampingi warga Jabar yang saat ini dikarantina di Pulau Natuna. Untuk diketahui, mereka ke tanah air pada awal Februari lalu setelah dipulangkan dari Wuhan, Tiongkok akibat merebaknya wabah Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Berlian Hamdani Gelung Sakti menuturkan, jika menghitung masa inkubasi warga Jabar di Natuna bisa dipulangkan dalam waktu dekat ini setelah karantina selama 14 hari di Natuna.

"Kalau tidak salah hitung sepertinya iya (pekan ini)," ujar Berlian kepada wartawati PR, Novianti Nurulliah, Rabu (12/2/2020).

Ia memastikan, warga Jabar di Pulau Natuna, semuanya dalam kondisi baik dan kemungkinan besar negatif virus tersebut. Hal ini disebabkan mereka hampir melalui masa inkubasi virus yang sebenarnya sampai 11 hari.

"Sekarang mendekati hari ke-14 observasi. Kalau semua sudah dinyatakan negatif dan bisa bebas. Diharapkan bisa langsung pulang dan masyarakat tidak perlu khawatir," ujarnya.

Walaupun belum ditemukan kasusnya di Indonesia, termasuk Jawa Barat, katanya, pihaknya tetap siaga menghadapi Covid-19 yang masih merebak di negara-negara lain, terutama negara tetangga Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Jabar Dodo Suhendar mengatakan, pihaknya masih menunggu informasi terkait dengan jadwal pemulangan warga Jabar dari Natuna. Selain itu juga teknisnya belum dibahas.

"Kemungkinan dijemput oleh keluarga masing-masing. Kami dilibatkan untuk mencegah dampak sosialnya," ucapnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR