Dua Bulan Jelang Ramadan, Permintaan Al-Quran Mulai Meningkat

Bandung Raya

Rabu, 12 Februari 2020 | 17:10 WIB

200212170549-dua-b.jpg

madaninews.com

ilustrasi

DUA bulan menjelang Ramadan, permintaan Al-Quran di Jawa Barat (Jabar) mulai meningkat. Permintaan Al-Quran akan mencapai puncaknya pada periode Ramadan, dengan peningkatan sebesar 100 persen dibandingkan hari normal.

Demikian diungkapkan Branch Manajer Jabar Syaamil Quran, Syarif, pada Penandatanganan Kerja Sama dengan Smartfren di Syaamil Quran, Jln. Babakan Sari 1, Bandung, Rabu (12/2/2020). Menurut dia, peningkatan permintaan tersebut dipicu banyaknya kegiatan wakaf Quran pada periode Ramadan.

"Peningkatan permintaan saat ini bukan hanya dipicu persiapan jelang Ramadan, tapi juga semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk membaca Al-Quran," katanya seperti ditulis wartawan "PR", Ai Rika Rachmawati.

Pasalnya, menurut dia, jika menilik data satu tahun terakhir, terjadi peningkatan permintaan sekitar 35 persen year on year (yoy). Saat ini permintaan Al-Quran mencapai lebih dari 10.000 eksemplar per bulan.

"Tren sekarang banyak komunitas yang tergerak untuk melakukan kegiatan sebar Quran. Ini menjadi salah satu pendorong peningkatan permintaan Al-Quran di Jabar," ujarnya.

Ia mengatakan, kemampuan produksi Syaamil Quran mencapai 8.000-10.000 eksemplar per hari. Dalam satu bulan, pihaknya bisa memproduksi maksimal sekitar 300.000 eksemplar Al-Quran.

Untuk terus menggenjot penjualan Al-Quran sekaligus meningkatkan syiar agama Islam, menurut Syarif, Syaamil Quran menggandeng Smartfren. Konsep kerja sama keduanya adalah untuk memberikan added value bagi konsumen.

"Salah satunya, dengan memberikan diskon pembelian Al-Quran sebesar 30 persen bagi pelanggan Smartfren," tuturnya.

Project & Campaign Manager Syaamil Quran Febriyanto Zubair menjelaskan, kerja sama dengan Smartfren pada tahap awal akan berlangsung selama 6 bulan. Namun, kerja sama tersebut berpotensi untuk diperpanjang dan semakin diperluas demi meningkatkan kepuasan pelanggan bagi kedua belah pihak.

"Melalui kerja sama ini, kami berharap terjadi peningkatkan permintaan sebanyak 5.000 eksemplar Al-Quran," ujarnya.

Menurut dia, kerjasama business to business dengan Smartfren merupakan salah satu upaya pemasaran agar masyarakat mudah mendapatkan Al-Quran. Pihaknya juga mengoptimalkan pemasaran melalui toko buku dan reseller.

Sementara itu, Manajer Regional Galeri West Java PT Smartfren Telecom, Tbk., Risky Farenda mengatakan, kerja sama kedua belah pihak terbilang inovatif dan menjadi yang pertama di Indonesia. Pihaknya juga sengaja memilih Syaamil Quran karena punya pasar yang berbeda.

"Kerja sama antara Smartfren dengan Syaamil Quran diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan akan Al-Quran. Terlebih, saat ini kesadaran masyarakat untuk beribadah semakin meningkat," ujarnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR