Kategori Ibu Hamil dan Anak Usia Dini Alami Kenaikan Nilai Bantuan PKH

Bandung Raya

Rabu, 12 Februari 2020 | 14:23 WIB

200212142403-kateg.jpg

Engkos Kosasih

SEJAK tahun 2009 hingga saat ini 2020, pemerintah pusat terus menggulirkan program keluarga harapan (PKH) untuk para keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Bandung, khususnya di Kecamatan Majalaya. Di Kecamatan Majalaya, sebanyak 6.509 KPM yang masuk dalam PKH tahap pertama pada 2020 ini.

Pendamping Desa/Kecamatan Majalaya Hendrik Irawan Muslim mengatakan, tujuan PKH ini untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, selain mengurangi beban KPM.

"PKH ini bertujuan untuk perubahan prilaku, mengurangi kemiskinan dan inklusi keuangan bagi para KPM," kata Hendrik kepada galamedianews.com di Sekretariat PKH Kecamatan Majalaya, Rabu (12/2/2020).

Memasuki tahap pertama 2020 ini, lanjut Hendrik, ada kenaikan bantuan PKH untuk kategori ibu hamil dan anak usia dini.

"Nominal ibu hamil dan anak usia dini sebesar Rp 3 juta per tahun. Sebelumnya sebesar Rp 2,4 juta per tahun," katanya.

Menurutnya, ibu hamil yang dinyatakan menerima bantuan PKH itu, setelah dinyatakan positif hamil sampai melahirkan. "Namun dengan syarat mereka harus memeriksakan kehamilan ke bidan dan puskesmas," katanya.

Ia mengatakan, bantuan PKH untuk ibu hamil itu bisa digunakan untuk susu ibu hamil dan biaya pemeriksaan kesehatan lainnya.

"banntuan PKH sebesar itu bisa digunakan mereka selama mengandung atau kebutuhan ibu hamil," katanya.

Hendrik mengungkapkan, ibu hamil yang menerima bantuan PKH itu, maksimal kehamilan anak kedua. Artinya, kehamilan anak pertama dan kedua dapat bantuan PKH. "Hamil ketiga tak dapat bantuan," ucapnya.

Sedangkan untuk anak usia dini, lanjutnya, yaitu dari mulai usia 0-6 tahun, khusus bagi anak dari KPM. Ia mengatakan, yang masuk KPM dalam program PKH tersebut, sebelumnya masuk basis data terpadu Kementerian Sosial RI.

"Mereka yang berhak menerima bantuan PKH itu dengan kondisi ekonomi rendah," ujarnya.

Perlu diketahui masyarakat, kata Hendrik, para penerima PKH itu, sebelumnya mereka mendapatkan surat panggilan calon KPM.

"Tentunya, surat panggilannya yang dikeluarkan Kementerian Sosial RI, kemudian divalidasi dan verifikasi oleh pendamping. Bantuan PKH ini pun dikucurkan setelah mendapatkan kartu ATM atau yang disebut dengan kartu keluarga sejahtera," ungkapnya.

Namun untuk penyaluran bantuan PKH itu, imbuhnya, sesuai jadwal yang sudah ditentukan dan dalam setahun dibagi menjadi empat tahap.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR