Diundur atau Dibatalkan?

Dari Olimpiade Hingga Liga Super, Agenda Olahraga Internasional Apa Saja yang "Terinfeksi" Corona?

Sport

Minggu, 9 Februari 2020 | 15:00 WIB

200207155656-coron.jpg

dailymail

Kehidupan sehari-hari di sejumlah kota di Cina saat ini terhenti menyusul karantina yang diberlakukan setelah pemerintah mengonfirmasi wabah virus corona. Masifnya serangan sejak akhir Januari lalu membuat Organisasi Kesehatan Dunia ikut menyatakannya sebagai darurat global.

Angka resmi terbaru dari Komisi Kesehatan Nasional Cina kasus virus yang belum pernah ada ini sudah hampir mencapai 30.000 dengan 200.000 ribu lainnya berada di bawah pengawasan medis.

Petugas keamanan dan petugas inspeksi kesehatan di Kota Guangzhou mengenakan masker saat bertugas.

Sebaran virus di Cina.

Karantina 17 titik kota dengan sebaran tinggi virus corona saat ini ternyata ikut berdampak negatif terhadap agenda olahraga. Banyak yang ditunda atau dibatalkan. Ini dialami even yang sedianya berlangsung Cina maupun di tempat lain yang melibatkan atlet Negeri Tirai Bambu.

Even yang ikut terdampak di antaranya Liga Super Cina, Grand Prix Cina,  snooker Cina Terbuka hingga kualifikasi tinju Olimpiade Tokyo 2020. Seperti  apa persisnya? Berikut paparannya seperti dikompilasi Sportsmail:

SEPAK BOLA

Musim Liga Super Cina 2020 yang akan dimulai pada 22 Februari resmi  ditunda tanpa batas waktu setelah pembicaraan antara Asosiasi Sepak Bola Cina dan otoritas terkait. Laga Piala Super Cina yang mempertemukan Guangzhou Evergrande dan Shanghai Shenhua sebagai pembuka pun batal digelar  Rabu lalu dan akan dijadwal ulang.

Selain itu empat tim Cina yang berpartisipasi di Liga Champions AFC, yaitu Beijing, Shanghai Shenhua, Guangzhou Evergrande dan Shanghai SIPG  akan memainkan pertandingan pertama mereka di luar kandang.

Fans klub Liga Super Cina, Guangzhou Evergrande ikut terdampak.

Penyisihan Liga Champions AFC antara Shanghai SIPG dan Buriram United dimainkan secara tertutup.

Namun pertandingan play-off antara Shanghai SIPG dan Buriram United dari Thailand tetap berlangsung meski secara tertutup pada tanggal 28 Januari lalu. Sejumlah mantan pemain Liga Premier, seperti Marouane Fellaini, Marko Arnautovic, Paulinho, Mousa Dembele, Oscar dan Salomon Rondon saat ini bermain di Cina.

Beberapa nama besar Liga Super  telah meminta perwakilan mereka untuk “mencari jalan  keluar” dari luar Cina sebelum batas waktu transfer pekan lalu. Salah satu yang masih bertahan striker Nigeria Odion Ighalo, yang menandatangani kontrak dengan Manchester United dengan status pinjaman hingga akhir musim.

Ia terbang ke Inggris melalui bandara Beijing dengan mengenakan masker pelindung. Melihat lebih jauh ke depan, klub-klub Liga Premier kini meninjau ulang rencana untuk memulai tur pra-musim di Asia musim panas ini.

Marouane Fellaini.

Tujuh tim papan atas  Manchester City, Manchester United, Newcastle, Tottenham, West Ham dan Wolves  semuanya menjalani tur pra-musim di Cina tahun lalu. Namun di tengah kekhawatiran departemen medis, klub-klub yang berencana ke Asia musim panas ini menyatakan akan mengikuti saran kesehatan yang dikeluarkan Departemen Luar Negeri.

Saat ini, pemerintah menyarankan pembatalan semua perjalanan ke Provinsi Hubei kecuali penerbangan penting ke kawasan  Cina lainnya. Kantor Luar Negeri juga  menyarankan semua warga Inggris yang saat ini berada di Cina untuk pulang demi meminimalkan risiko terpapar virus corona.

Manchester United dan Tottenham tampil di Shanghai pada pra-musim lalu.

Klub Premier League berpikir ulang untuk tur Cina.

Selain itu kualifikasi sepak bola wanita untuk Olimpiade Tokyo 2020 yang melibatkan Cina, Australia, Thailand serta Cina Taipei yang akan dimainkan pada awal Februari dipindahkan ke Sydney.

Tidak ada pemain skuad Cina yang  berasal dari Wuhan, kota episentrum wabah corona. Semuanya dinyatakan negatif ketika pergi ke Australia. Namun tim  dikarantina di sebuah hotel Brisbane hingga Rabu dengan saran resmi, yang berarti salah satu pertandingan  harus dijadwal ulang.

FORMULA 1

Saat ini kemungkinan Grand Prix Cina yang akan diadakan di Shanghai pada 19 April ditunda atau dibatalkan. Masalah ini telah dibahas pada pertemuan bos tim Formula Satu pada Selasa lalu tetapi keputusan akhir oleh FIA belum diambil.

Sejumlah personel tim F1 merasa tidak nyaman untuk bepergian ke Cina. Dan meski balapan dapat diadakan di kemudian hari, penjadwalan ketat kalender 22 balapan akan membuatnya tidak mudah. Ada juga yang menyarankan agar Grand Prix perdana Vietnam, dua minggu sebelum Cina ikut dibatalkan, tapi penyelenggara F1 menolaknya.

Lewis Hamilton di Grand Prix Shanghai Cina musim lalu.

Grand Prix Cina sedianya digelar April.

ATLETIK

Kejuaraan Atletik Indoor Dunia 2020 yang akan diadakan di Nanjing antara 13-15 Maret mundur  hingga tahun depan. World Athletics meminta saran dari Organisasi Kesehatan Dunia sebelum membuat keputusan dan kemudian menolak tawaran dari kota-kota lain.

Wuhan, pusat wabah, berjarak 370 mil dari Nanjing tetapi sejumlah kota besar ikut dikarantina untuk menghindari penyebaran virus. World Athletics mengatakan, “Mengingat keprihatinan dari penyebaran virus di luar Cina, kami telah memutuskan untuk tidak menggunakan opsi ini karena dapat menyebabkan penundaan lebih lanjut di kemudian hari.”

"Kami memilih tidak membatalkan kejuaraan karena banyak atlet kami yang ingin ambil bagian sehingga kami sekarang bekerja sama dengan atlet, mitra kami dan panitia penyelenggara Nanjing untuk mengatur  tanggal baru pada 2021."

Warga Nanjing disambut pemindaian.

SNOOKER

World Snooker Tour resmi  menunda China Open di Beijing yang dijadwalkan berlangsung antara 30 Maret -  5 April. Ini menjadi  turnamen bergengsi dengan   jackpot miliaran untuk pemenang dan merupakan pemanasan penting bagi Kejuaraan Dunia di Crucible.

Ivan Hirschowitz dari World Snooker Tour mengatakan, "Acara unggulan di Cina ini dijadwalkan pada 30 Maret hingga 5 April di Beijing, namun mengingat kondisi kesehatan dan perjalanan saat ini prioritas utama kami adalah keselamatan pemain, staf, dan penggemar.”

Andalan snooker Australia, Neil Robertson memenangi kejuaraan tahun lalu.

BASKET

Asosiasi Bola Basket Cina menunda dimulainya musim tanpa batas. Sedianya musim baru dimulai pada bulan Maret, namun rencana bisa dibatalkan sepenuhnya. Semua sesi pelatihan tim juga telah dibatalkan sebagai tindakan pencegahan. Sekitar 40 pemain Amerika dan keluarga mereka pun dipulangkan meskipun ada sedikit kekhawatiran terkait konsekuensi kontrak.

TINJU

Kualifikasi tinju Olimpiade yang akan diadakan di Wuhan bulan ini dipastikan telah dipindahkan. Laga pendahuluan tinju melibatkan atlet dari Asia dan Oseania. Hasilnya akan menentukan  siapa yang lolos ke Olimpiade Tokyo musim panas ini. Kini laga akan diadakan di Amman, Yordania pada 3-11 Maret.

GOLF

Even tur LPGA di Blue Bay  Pulau Heinan, yang akan dimulai pada 5 Maret, telah dibatalkan. Penyelenggara menegaskan kesehatan dan keselamatan para pemain, penggemar dan staf menjadi prioritas tertinggi.

Pegolf Inggris Bronte Law saat tampil di Blue Bay, Heinan Island pada 2018.

ALPINE SKIING

Ajang  Piala Dunia alpine ski putra  yang akan berlangsung akhir pekan depan di Yanquing tidak akan dilanjutkan. Nomor jalur menurun di sini tadinya menjadi uji pertama untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Federasi Ski Internasional bermaksud  menjadwal ulang balapan downhill  dan super-G menjadi akhir tahun ini.

OLIMPIADE

Komite Olimpiade Internasional menggelar pertemuan membahas krisis corona dengan Organisasi Kesehatan Dunia. Tapi untuk saat ini rencana Olimpiade Tokyo 2020 yang mulai digelar Juli mendatang tetap tidak berubah.

Setidaknya 45 kasus virus corona dilaporkan di Jepang, termasuk 20 dari 3.700 orang penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang saat ini dikarantina di Yokohama Bay. Penyebaran virus memicu kekhawatiran dengan opening Olimpiade kurang dari enam bulan.

Diamond Princess Cruise dengan 3,700 penumpang yang kini tertahan di Yokohama Bay setelah 60 orang terinfeksi corona.

The International Olympic Committee menggelar pertemuan darurat dengan World Health Organisation.

"Saya sangat khawatir penyebaran penyakit menular ini dapat mengganggu  momentum menuju Olimpiade," kata Toshiro Muto, kepala eksekutif komite penyelenggara. Tapi rumor Olimpiade  dibatalkan dibantah oleh perdana menteri Shinzo Abe. "Kami akan mengambil langkah-langkah yang tepat sehingga persiapan k Olimpiade berlanjut tanpa memengaruhi penyelenggaraan."

Persiapan Olimpiade yang dimulai pada 24 Juli dimulai dengan rute estafet  obor api abadi yang dimulai dari prefektur Fukushima pada 26 Maret. Tokyo sendiri tengah mempersiapkan gelombang kedatangan pengunjung  yang diperkirakan mencapai 920.000  sehari selama Olimpiade.

Well, hope things run smoothly for all..

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR