Saking Langka Dipesan Sejak Embrio, Mirip Shaun The Sheep Kambing Cute Dibanderol Rp 178 Juta

Ragam

Rabu, 5 Februari 2020 | 14:00 WIB

200205132129-sakin.jpg

dailymail

Mirip Shaun The Sheep, tiga anak kambing membuat netizen gemas. Dikutip dari DailyMail kemarin, anak kambing jenis Valais ini baru berusia satu minggu. Meski demikian banyak yang sudah berminat memilikinya. Bukan untuk dipotong melainkan sebagai hewan peliharaan.

Biasa diternakkan di Swiss, kambing Valais dengan hidung dan mulut berwarna jarang-jarang ada, utamanya di luar negara asalnya. Kini trio blacknose Valais ini dibanderol  £ 10.000 atau Rp 178 juta atau 40 kali lipat dari harga normal. Ketiga kambing supercute ini lahir di utara Devon.

Cuties.

Mirip boneka saja.

Di Swiss, yang melarang ekspor Valais sejak enam tahun lalu, Valais  dipelihara untuk wol dan dagingnya. Sedangkan di Inggris, di mana diperkirakan hanya ada beberapa ribu, Valais banyak dimiliki sebagai hewan peliharaan. Biasanya dijual di bawah seratus juta tapi untuk kualitas tinggi dihargai £ 10.000.

Chris Slee dan Tom Hooper yang telah membiakkan  blacknose Valais di Halsbury Barton sejak 2016 menyebut hewan lucu bernilai ekonimi tinggi ini menjadi investasi bagi mereka. Keduanya mendapatkannya dalam bentuk  embrio dari Skotlandia. Hooper yang juga mantan ekonom  mengatakan, "Valais ini contoh kasus supply and demand yang dapat sangat menguntungkan.”

Three times cuter.

"Pasokannya terbatas karena Swiss melarang  ekspor. Di dalam negerinya saja hanya ada beberapa ribu dan proses breeding-nya hanya bisa dilakukan secara  alami. Ditambah tingginya permintaan, wajar Valais mahal,” katanya. Selain  jinak dan patuh, kambing ini bisa menjadi “pemotong rumput” alami yang cute.

Keluarga Slee ternyata  sudah bernisnis Valais di Devon utara selama lebih dari satu abad. Ia mengakui kadang harga Valais bisa “gila” saat stoknya sangat minim. Meski demikian, ia menjamin stok Valais-nya berkualitas oke.



Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR