Plt. Kakanwil Kemenag Jabar Buka Seleksi Tahap 1 Calon Petugas Haji Kota Bandung

Bandung Raya

Selasa, 4 Februari 2020 | 18:22 WIB

200204182338-plt-k.jpeg

Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Drs. H. A. Handiman Romdony, M.Si., membuka secara resmi seleksi tahap 1 calon petugas haji Kota Bandung tahun 1441H/2020 M yang dipusatkan di Gedung IPHI Kota Bandung, Jalan Purwakarta No. 173 Bandung, Selasa (4/2/2020).

PELAKSANA Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat, Drs. H. A. Handiman Romdony, M.Si., membuka secara resmi  seleksi tahap 1 calon petugas haji Kota Bandung tahun 1441H/2020 M yang dipusatkan di  Gedung IPHI Kota Bandung, Jalan Purwakarta No. 173 Bandung, Selasa (4/2/2020).

Menurut Dony –panggilan akrab Handiman Romdony-- rekrutmen petugas haji merupakan bentuk seleksi yang dilakukan oleh Kementerian Agama dalam hal ini Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, untuk mendapatkan petugas haji yang akan memberikan pelayanan kepada jemaah.

Ia menyebutkan, proses ini merupakan bagian penting persiapan penyelenggaraan ibadah haji setiap tahunnya, sehingga rekrutmen harus diselenggarakan secara akuntabel dan tranparan. Dengan demikian, diharapkan mampu menjaring petugas yang memiliki kompetensi dankomitmen dalam melaksanakan tugas.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Bandung, DR. H. Yusuf, M.Pd., menyebutkan, rekrutmen ini merupakan bagian penting penyediaan petugas haji yang seluruh pihak harus sepakat, bahwa kepentingan jemaah menjadi nomor satu sehingga seluruh petugas yang disiapkan memiliki visi yang sama yaitu melayani jemaah haji.

Oleh karena itu, tambahnya, berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 10 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Rekrutmen Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 2020 yang ditindaklanjuti dengan terbitnya pengumuman Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Nomor: 628/kw.10/v.2/hj.02/01/2020 tentang Rekrutmen Calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Ketua Kloter, pembimbing ibadah dan petugas penyelenggara ibadah haji Arab Saudi Provinsi Jawa Barat tahun 1441 H/2020 M, maka Kementerian Agama Kota Bandung hanya menerima pendaftaran calon petugas penyelenggara ibadah haji yang meliputi, (1) petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) ketua kloter dan (2) petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) pembimbing ibadah.

“Alhamdulilah, semenjak dibuka rekrutmen calon petugas haji di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bandung dari tanggal 20-29 Januari 2020, animo para pendaftar calon petugas haji ternyata cukup tinggi. Tercatat jumlah pendaftar secara online sebanyak 52 orang. namun yang memenuhi syarat dan berhak mengikuti tes kompetensi tahap 1 sebanyak 32 orang,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Panitia, Drs. H. Asep Sopandi, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, peserta rekrutmen yang daftar online sebanyak 52 orang, tidak menyerahkan berkas 16 orang dan yang menyerahkan berkas  36 orang. Sementara yang memenuhi syarat 32 orang.

“Untuk petugas penyelenggara ibadah haji ketua kloter sebanyak 24 orang, dan petugas penyelenggara ibadah haji pembimbing ibadah ada 8 orang, serta tidak memenuhi syarat  4 orang,” ujarnya.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR