Usai Tunaikan Umrah, Jemaah Muzdalifah City Tour di Makkah

Haji

Rabu, 29 Januari 2020 | 08:19 WIB

JEMAAH PT Muzahida Lintah Arafah (Muzdalifah), yang tergabung dengan PT Berkah Ibadah Suci (Berkah Umrah) Kantor cabang Lembang Bandung Barat, kini telah berada di Kota Makkah. Saat ini seluruh jemaah menginap di Double Tree (by Hilton Hotel) yang berjarak hanya 25 meter dari Masjidil Haram memalui pintu nomor 79 (King Fahad Gate).  

Prosesi umrah telah dilakukan, setibanya di Kota Mekah yakni di hari kedua, tepatnya pukul 11.00 siang waktu Saudi yakni dengan dimulai setelah mengambil Miqot di Masjid Tan’in Kota Makkah. Setelah itu,   seluruh jemaah melakukan Thawaf sebanyak 7 putaran, shalat sunnah Thawaf 2 rakaat dan meminum air zam-zam. Lalu, dilanjutkan dengan Sai dari bukit Shafa menuju Marwah sebanyak 7 keliling dan terakhir adalah Tahallul (menggunting rambut dan untuk laki-laki dan dianjurkan digunduli.

Direktur Muzdalifah, Samsul Rizal saat ditemui dikantornya di Jalan Sumbawa No, 20 S, Bandung, Rabu (29/1/2020) mengungkapkan, seluruh Jemaah kini telah selasai melakukan umrah wajib dan hanya dianjurkan perbanyak iktiqaf di Masjidil Haram.

“Alhamdulillah, seluruh jemaah umrah kami telah sampai di Kota Mekah Al Mukaromah dan menjalankan umrah wajib, yang sebelumnya mengambil Miqot dahulu di Masjid Tan’in. Di hari keempat ini, diimbau perbanyak iktiqaf di Masjidil Haram, dan melakukan ziarah Kota Mekah,” katanya.

Seluruh jemaah diajak city tour atau napak tilas Kota Makkah dengan mengunjungi Jabal Tsur yang menjadi saksi kebesaran sang pencipta ketika Rasulullah SAW, dikejar oleh orang-orang kafir Quraisy. Lalu, ke Jabal Rahmah yakni tempat dipertemukannya Nabi Adam AS dan  Siti Hawa,.

Tak cukup sampai di situ, para jemaah juga berkunjung ke tempat-tempat pelaksanaan Haji yakni ke Arafah, Muzdalifah dan Mina. Dilanjutkan ke Jabal Nur atau Gua Hira (bukit kezuhudan dan kesabaran Rasulullah SAW, hingga diterimanya wahyu atau firman Allah SWT yang pertama).

“Kunjungan city tour Makkah ini, diakhiri dengan melewati komplek pemakaman Ma’ia tempat bersemayam jenazah ummul mukminin atau Siti Khadijah RA. Napak tilas ini telah selesai lalu, seluruh jemaah kembali ke hotel,” papar Rizal.
Pada hari kelima, para jemaah Muzdalifah dan Berkah Lembang, kembali acara bebas. Tetapi, para jemaah tetap dianjurkan melaksanakan shalat fardlu, Thawaf sunnah (tidak memakai ihram dan tanpa melakukan Sai), Qiyamul Lail dan ibadah lainnya di Masjidil Haram. Untuk jemaah wanita disarankan tidak bepergian sendiri.

“Sedangkan di hari keenam ini para jemaah bisa melaksanakan salat Jumat di Masjidil Haram. Setelah Jum’atan dan makan siang seluruh Jemaah bersiap untuk berangkat ke Kota Madinah dengan menggunakan jalur darat. Kami perkirakan perjalanan selama 6 jam agar bisa tiba di Masjid Nabawi Kota Madinah,” ujar Rizal.

Nanti, setibanya di Kota Madina seluruh Jemaah akan menginap di Jauharat Fairuz Hotel yang berjarak hanya 100 meter dari Masjid Nabawi.  Selama 3 (tiga) hari seluruh jemaah akan dimanjakan dengan city tour Kota Madinah pula seperti ke Masjid Quba, perkebunan kurma, Jabal Uhud dan lain-lain. (Krisbianto).**



Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR