RSUD Subang Siapkan Ruang Khusus Pasien Virus Corona

Daerah

Senin, 27 Januari 2020 | 15:06 WIB

200127150509-rsud-.jpg

dr. Rosmalia Ponti sedang memberikan pengarahan kepada tim antisipasi virus corona di RSUD Subang.

RUMAH Sakit Umum Daerah (RSUD) Subang salah satu rumah sakit di wilayah Pantura yang sudah menyiapkan ruangan khusus untuk pasien yang diduga terjangkit virus corona.

Hal ini dibenarkan Direktur RSUD Subang, drg. H.Agus Sofian, Sp.BM melalui Wadirnya, dr.H.Ahmad Nasuhi yang ditemui Senin (27/1/2020) usai rapat dengan tim koordinator penanganan virus corona di RSUD Jalan Brigjen Katamso, Subang.

“Ya, kita siapkan ruangan husus tersendiri agar tidak ada pasien lain yang kemudian terjangkit penyebaran virus tersebut,“ ujarnya.

Antisipasi ini sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan terkait dengan penyebaran virus corona, apalagi daerah Subang sebagai lintasan dan ada beberapa proyek yang mengerjakan orang asing.

“Rumah sakit kita pun merupakan rujukan untuk pasien dari setiap Puskesmas baik di wilayah Selatan terutama Pantura. Jadi, kami siap menghadapi kalau ada pasien dengan keluhan virus corona. Tapi mudah-mudahan tidak," ungkap dr.H.Ahmad.

Disebutkan ruangan yang berada di gedung baru, Alamanda di bawah koordinator Rosmalia Ponti, dokter spesialis penyakit dalam. Timnya merupakan gabungan dari dokter IGD, dokter spesialis Penyakit Dalam, Anak, Anestesi, Gizi Medik, Radiologi dan Ahli Patologi Klinik didukung Perawat ICU, Bagian Penyakit Dalam, Bagian Anak dan Radiologi, Ambulance, Pemulasaran Jenazah, IPSRS, PPI dan Instalasi Farmasi beserta Bagian Manajemen serta penyuluhan kesehatan di rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr.H.Nunung Suhaeri, MARS menyambut baik dengan cepatnya RSUD menyiapkan ruangan yang bisa digunakan infeksi khusus virus corona.

“Sejak kemarin kita pun telah mengumpulkan kepala Puskesmas dan dokternya untuk melakukan penyuluhan dan pemeriksaan dengan seksama terhadap pasen yang mengalami demam lebih dari 2 minggu apalagi sudah bepergian ke daerah yang dianggap rawan virus corona,“ ujarnya.

"Jadi kita antisipasi ke wilayah kita jangan sampai ada pasien terpapar virus corona maupun virus lainnya. Kami aktif untuk melakukan penyebaran informasi dan kesiapsiagaan, apalagi daerah Subang merupakan daerah lintasan dan dekat dengan beberapa Bandara," katanya.

Editor: Kiki Kurnia

  • BERITA TERKAIT

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR