RSHS Tangani WN Cina Suspect Corona

Bandung Raya

Minggu, 26 Januari 2020 | 21:56 WIB

200126215631-rshs-.jpg

dok

ilustrasi

RUMAH Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menerima pasien suspect Corona pada Minggu (26/1/2020) siang. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSHS Bandung, dr Tommy Ruchimat.

"Tadi siang, dari RS Cahaya Kawaluyaan, (RSCK) pasien 31 tahun WNA Tiongkok (Cina). Dia diantar sama translaternya dan membawa surat pengantar dari RSCK untuk pemeriksaan dengan dugaan terkena virus Corona," terang Tommy saat dihubungi wartawan "PR", Novianti Nurulliah, Minggu (26/1/2020) malam.

Di RSUD, kata dia, pasien diperlakukan sebagai suspect karena ada riwayat demam. Pasien baru saja pulang dari Cina 12 hari yang lalu.

"Kami perlakukan sebagai pasien terduga. Jadi kami siapkan alat proteksi diri karena khusus kasus luar biasa. Kami observasi, lakukan pemeriksaan seperti apus tenggorokan, thorax foto, pemeriksaan lab, darah," jelas Tommy.

Sebelum magrib, lanjutnya, pasien disiapkan dulu ruang inap. Untuk diketahui di RSUD terdapat dua ruang Isolasi yaitu di IGD dan yang di Kemuning (Ruang infeksi khusus Kemuning).

"Ada jalur khusus (dari IGD), kami observasi sambil nunggu hasil, kemudian transfer ke RIKK, dan sekarang sudah di RIKK," tambahnya.

Tommy pun mengindikasikan, akan adanya tanda bahan suspect namun belum bisa dipastikan.

"Kemungkinan ada satu lagi, dari dokter spesialis paru tapi tidak langsung ke IGD tapi ke RIKK. Sampel baru mau dikirim besok," kata dia.

Editor: Lucky M. Lukman

  • BERITA TERKAIT

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR