Cegah Corona, Pelabuhan Bakal Lakukan Langkah Preventif

Nasional

Minggu, 26 Januari 2020 | 19:19 WIB

200126181218-cegah.jpg

breakingnews.co.id

Menhub Budi Karya Sumadi

MENTERI Perhubungan, Budi Karya Sumadi akan menerapkan kegiatan pencegahan di pelabuhan-pelabuhan laut selain di bandar udara terhadap penyebaran virus Corona.

"Tentu kita akan lakukan (pencegahan), tapi semua kegiatan kita tidak dilakukan secara egosektoral. Kita akan mengoordinasikan kepada sektor-sektor khususnya Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri," ujar Menhub di Tangerang, Banten, Minggu (26/1/2020).

Menhub juga menambahkan, dirinya mengapresiasi kantor kesehatan kepelabuhan bandara yang sudah melakukan langkah-langkah yang baik, dalam mengawasi dan memantau pergerakan-pergerakan di bandara.

"Saya pikir kita di satu sisi melakukan suatu kegiatan yang preventif dalam rangka menangkal jangan sampai terjadi perpindahan virus tersebut ke Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya wabah coronavirus dimulai di kota Wuhan di China, ketika jutaan warga Cina bersiap untuk melakukan perjalanan untuk Tahun Baru Imlek, sehingga mempertinggi risiko penularan.

Selain di Cina, kasus orang terkena virus corona baru juga ditemukan di Thailand, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Singapura, Prancis dan sejumlah negara lainnya.

Akibatnya maskapai Malindo Air dan AirAsia membatalkan sementara penerbangan rute Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur ke Bandar Udara Internasional Wuhan, Republik Rakyat Cina hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melaksanakan pengawasan ketat berkenaan dengan kedatangan orang dan barang dari luar negeri guna mencegah penularan virus corona baru.

Pencegahan harus dilakukan dengan serius karena virus corona sangat berbahaya. Virus yang telah menyebabkan kematian puluhan orang di Cina tersebut dinilai bisa menular dengan cepat dan mudah.

Editor: Lucky M. Lukman

  • BERITA TERKAIT

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR