Warga Terekam Bertumbangan, Mirip Skenario Film Contagion Wabah Coronavirus Bikin Netizen Merinding

Ragam

Senin, 27 Januari 2020 | 11:33 WIB

200127113539-warga.jpg

dailymail

Penggemar film Contagion yang dirilis tahun 2011 dibuat merinding dengan kesamaan skenario film tersebut dengan  wabah mematikan coronavirus yang saat ini melanda Cina. Film thriller yang dibintangi Matt Damon dan Gwyneth Paltrow itu bertutur tentang virus misterius yang menyebar  cepat membunuh puluhan juta orang di seluruh dunia.

Matt Damon dalam Contagion.

Gwyneth Paltrow sabagai Patient Zero dalam skenario Contagion.

Dalam Contagion, upaya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menghentikannya pun sia-sia. Satu di antara skenario yang paling  “meyakinkan”, seperti coronavirus  virus fiksi ini berasal dari kelelawar di Cina.

Hewan nokturnal itu menginfeksi seekor babi yang kemudian ditangani koki yang bersentuhan dengan karakter yang diperankan Paltrow sebagai Patient Zero.  Dikutip dari DailyMail kemarin, coronavirus sejauh ini diperkirakan berasal dari hewan liar di antaranya kelelawar yang diperjualbelikan di pasar hewan Wuhan di Cina.

Adegan film.

Pemandangan nyata Wuhan yang kini bak kota hantu.

Komentar mengenai kesamaan  ini pun memenuhi timeline sejumlah media sosial seperti yang dicuitkan Stephen Ford.  Aktor dan sutradara itu mengatakan, “Bertahun-tahun aku menyatakan Contagion masuk daftar film paling menakutkan and now here we are..”.

“Semua terlihat sama: sumbernya kelelawar!”, “Apa yang terjadi saat ini seperti adegan Contagion dengan kelelawar dari Cina! The movie is happening in real life..” Demikian cuitan sejumlah netizen.

Disutradarai Steven Soderbergh, Contagion mendapat pujian kalangan ilmiah karena secara akurat menggambarkan skenario kiamat yang dipicu epidemi. Terinspirasi wabah SARS (severe acute respiratory syndrome) tahun 2003, Contagion menjadi paparan visual seandainya virus lebih mematikan dan menular dengan jauh lebih cepat.


The comments.

Saat ini kekhawatiran terkait penyebaran coronavirus di dunia nyata pun meningkat. Pasar hewan dan makanan laut di Wuhan yang menjual hewan hidup eksotis untuk konsumsi, termasuk anak anjing serigala, rubah, tikus dan burung merak, dianggap sebagai pusat sebaran. Kelelawar yang menjadi suspect asal virus pun biasa dikonsumsi pencinta kuliner ekstrem.

Sebagian besar kasus terjadi di pusat kota Wuhan, sementara kasus-kasus non-fatal ditemukan di setidaknya tujuh negara. Saat ini Cina mengarantina
tiga kota dengan total populasi lebih dari 18 juta untuk menahan virus baru yang mematikan ini. Stasiun kereta api dan bandara di Wuhan, pusat wabah pun  ditutup dan layanan feri, kereta bawah tanah serta  bus dihentikan.

Warga bertumbangan.

Ramai-ramai memborong sembako.

Unverified though..

Di kota-kota yang dikarantina, jalanan yang biasanya ramai, juga pusat perbelanjaan, restoran, dan ruang publik lainnya di kota berpenduduk 11 juta itu kini sangat sepi. Tindakan serupa diberlakukan di kota-kota terdekat seperti Huanggang dan Ezhou.

Terakhir rekaman klip video membuat netizen kaget sekaligus merinding. Klip memperlihatkan rumah sakit yang penuh sesak dibanjiri  ratusan pasien dan sejumlah warga bertumbangan di jalan, diperkirakan karena efek nyata dari virus. Mirip adegan film thriller?

God forbid, let’s hope for a happy ending..

Amen!

Editor: Mia Fahrani

  • BERITA TERKAIT

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR