Wakil Ketua DPRD Garut Kritisi Buruknya Pelayanan BPJS

Daerah

Kamis, 23 Januari 2020 | 18:15 WIB

200123181432-wakil.jpg

Robi Taufik Akbar

WAKIL Ketua DPRD Garut, dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Agus Hamdani mengkritisi buruknya pelayanan pasien yang menggunakan kartu BPJS. Ia menyatakan hal itu setelah mendapatkan banyak aduan dari masyarakat saat menggelar reses di Kec. Limbangan.

"Pelayanan kesehatan yang menggunakan fasilitas BPJS masih buruk. Masyarakat kerap tidak mendapatkan pelayanan maksimal," ujar Agus di sela reses, Kamis (23/1/2020).

Banyaknya pelayanan buruk BPJS, menurut Agus, diketahui secara langsung dari masyarakat. Mereka mengeluhkan harus mondar-mandir mengurus administrasi. Sebagai contoh, ada pasien asal Kecamatan Limbangan yang hingga saat ini masih kebingungan lantaran adanya tunggakan pembayaran iuran BPJS.

"Ini yang saya sayangkan, seharusnya pelayanan tetap berjalan. Bagaimana mau baik sistem kesehatannya kalau seperti ini. Saya intsruksikan Sekpri untuk mengurusnya dan membawa pasien tersebut ke RS Garut," tegasnya.

Sebagai wakil rakyat asal Kecamatan Limbangan, Agus sangat terpukul mendengar keluhan tersebut. Seharusnya pelayanan terhadap masyarakat miskin diutamakan dengan baik, bukan justru malah merugikan.

"Tadi juga ada salah satu tokoh mengeluh dan berhenti dari kepesertaan BPJS karena adanya tunggakan mencapai puluhan juta rupiah. Bagaimana program pusat bisa baik di daerah jika kejadiannya seperti ini," tegas Agus.

Agus mengaku, pihaknya juga akan meminta Komisi IV yang salah satunya membidangi kesehatan, untuk segera memanggil BPJS, dan Dinas Kesehatan untuk mengevaluasinya.

"Masih banyak masyarakat yang mengeluhkan hal serupa, justru itu terdengar saat melaksanakan reses," katanya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR